Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seribuan Peserta Karnaval Literasi Gramedia Meriahkan Hari Ibu

Kompas.com - 22/12/2017, 22:00 WIB
Fitri Rachmawati

Penulis

LOMBOK UTARA, KOMPAS.com - Seribuan peserta Karnaval Literasi Gramedia, meriahkan hari ibu di Tanjung, Lombok Utara, Jumat (22/12/2017) sore. Peserta yang sebagian besar ibu dan anak ini mengenakan beragam kostum unik dari bahan kertas koran dan sampah plastik.

“Ini adalah acara unik dan menggungah anak-anak saya mencintai buku, karena kami hadir bukan hanya mengikuti karnaval saja, tapi mengikuti pameran buku dari Gramedia,” kata Muliana, asal Desa Sokong, Lombok Utara.

Karnaval literasi yang diselenggarakan di Kecamatan Tanjung Lombok Utara, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara dan Klub Baca Perempuan, pimpinan Nursyida Syam ini disambut antusias warga Lombok Utara.

Mereka hadir bukan hanya menonton, namun mendaftarkan diri sebagai peserta karnaval. Lebih dari seribuan orang pasangan ibu dan anak atau keluarga mendukung even yang pertama kali digelar di Kabupaten termuda di NTB ini.

(Baca juga : Sumpah Literasi Anak Muda dan Kolonialisme yang Tumbang )

Operational Director PT Gramedia Asri Media, V Sugiarto mengatakan, pihaknya sangat terkesan dengan dukungan masyarakat Lombok Utara atas even yang digelar Gramedia dari 16 hingga 22 Desember ini.

“Lombok Utara kami pilih karena terdapat inisiator luar biasa, klub baca perempuan yang dimotori ibu Nursyida Syam, pemenang kompetisi yang diselenggarakan Gramedia. Klub Baca Perempuan adalah 1 dari 810 taman baca yang mendaftar," tuturnya.

Sugiarto mengatakan, pilihan even bertepatan dengan hari ibu sebagai pengingat bahwa perempuan atau ibu adalah guru pertama dalam keluarga.

Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyar menyambut gembira daerah yang dipimpinnya menjadi pilihan Gramedia menyelenggarakan even yang sangat kaya edukasi.

(Baca juga : Lawan Hoaks dengan Literasi Digital )

“Saya ingin mengatakan bahwa kita semua adalah pejuang literasi. Dengan literasi yang baik kita mengenal ungkapan bijak, bahwa membaca akan membuka jendela dunia. Saya percaya dengan itu,” tuturnya. 

Semangat Juang

Musik gendang belek membuka jalan pertama Karnaval Literasi Gramedia. Dentaman suaranya dan rincik pengiringnya adakah gambaran semangat literasi di Kabupaten Lombok Utara.

Nursyida Syam mengaku sangat bahagia rangkaian Karnaval Literasi Hari Ibu Gramedia ini berjalan lancar.

“Saya percaya ini adalah semangat juang yang kuat dari masyarakat Lombok Utara, yang ingin membuka mata dunia bahwa mereka adalah masyarakat yang mencintai buku dan setia untuk membaca. Termasuk membaca kondisi sosial di sekitar mereka," ungkapnya. 

Warga yang menonton merasa sangat terhibur dan berharap gelaran seperti ini menjadi even tahunan.

“Ini acara yang sangat baik. Saya bersama keluarga merasa terkesan dan berharap tahun depan even seperti ini digelar kembali,” kata Habibullah, warga Kayangan, Lombok Utara.

Kompas TV Untuk menangkal kabar bohong, pemerintah terus mengkampanyekan Gerakan Nasional Literasi Digital atau Siberkreasi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com