Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Waduk Meluap, Banjir Genangi Kota Makassar

Kompas.com - 21/12/2017, 15:36 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sejak Rabu (20/12/2017), sebagian Kota Makassar sudah digenangi banjir akibat intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir. Banjir di Kota Makassar ini pun diperparah dengan meluapnya dua waduk hingga air pun menggenangi jalan trans-Sulawesi Selatan.

Hujan deras terus mengguyur Kota Makassar hingga Kamis (21/12/2017) yang mengakibatkan dua waduk, yakni Waduk Unhas dan Waduk Borong, meluap. Air pun menggenangi jalan-jalan, termasuk jalan trans-Sulsel dengan ketinggian bervariasi hingga mencapai 50 sentimeter.

Akibat ruas jalan trans-Sulsel yang tergenang banjir, jalur kendaraan yang menghubungkan Kota Makassar dengan kabupaten/kota bagian sebelah utara Sulsel menjadi lumpuh. Banyak kendaraan terhadang banjir, bahkan banyak pula yang mogok.

Baca juga: Hujan Deras Beberapa Hari, Ribuan Rumah di Makassar Terendam Banjir

Sejak dua hari banjir melanda Kota Makassar, ribuan rumah terendam banjir dengan ketinggian bervariasi. Banjir terparah yaitu melanda rumah warga di Kompleks Kodam 3, Kelurahan Katimbang, Kecamatan Biringkanaya.

Selain dua waduk di Kota Makassar meluap, aliran Sungai di Kabupaten Maros ikut meluap akibat intensitas hujan yang cukup tinggi. Ratusan rumah di kabupaten yang bersebelahan dengan Kota Makassar Makassar ini juga terendam banjir.

Kompas TV Banjir memaksa warga mengungsi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com