Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Ekstrem, Jembatan Ponton di Pelabuhan Bulang Linggi Bintan Ambruk

Kompas.com - 21/12/2017, 12:53 WIB
Hadi Maulana

Penulis


BATAM, KOMPAS.com - Jembatan ponton yang ada di Pelabuhan Bulang Linggi Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), ambruk pada Kamis (21/12/2017) sekitar pukul 07.15 WIB.

Ambruknya jembatan ponton ini disebabkan oleh tiupan angin yang begitu kencang menghantam jembatan tersebut.

Arjo (37), salah satu warga Tanjung Uban yang berada di lokasi kejadian, mengatakan, kejadian ini terjadi pada pagi hari saat angin bertiup sangat kencang sehingga jembatan ponton seketika ambruk dan sebagian jembatan langsung tenggelam ke laut.

"Selain angin, ambruknya jembatan ponton juga disebabkan oleh kerasnya ombak yang menghantam jembatan ponton tersebut," kata Arjo.

Beruntung, saat kejadian itu tidak ada penumpang yang melintas di jembatan tersebut sehingga tidak ada korban jiwa.

Baca juga: Banjir dan Longsor Rusak 11 Jembatan di Gunungkidul

Hal senada diungkapkan Rizal, warga Tanjung Uban lainnya, yang mengatakan bahwa ambruknya jembatan ponton ini juga bukan dari terpaan angin dan ombak, melainkan dari kondisi jembatan ponton yang sudah tidak layak lagi.

"Jangankan jembatannya, pontonnya saja sudah rusak, tetapi belum juga diperbaiki pihak Dinas Perhubungan Pemkab Bintan. Sementara keberadaan ponton ini sangat berarti bagi kami warga Tanjung Uban," kata Rizal.

Kepala Pos Sahbandar Pelabuhan Bulang Linggi Tanjung Uban, M Rahmat, yang dikonfirmasi Kompas.com, membenarkan ambruknya jembatan ponton pelabuhan tersebut.

"Memang jembatan ambruk dan jatuh ke laut. Kami masih berkoordinasi dengan pihak Dishub Pemkab Bintan untuk solusi perbaikannya," ujar Rahmat.

Saat ini, sambung Rahmat, untuk aktivitas bongkar muat dan naik turunnya penumpang dari Pelabuhan Telaga Punggur Batam ke Pelabuhan Bulang Linggi Tanjung Uban dialihkan melalui jembatan atau tangga naik pelabuhan yang lama.

"Mau tidak mau kami pergunakan jembatan yang lama sampai ada perbaikan dari Pemkab Bintan," ungkap Rahmat.

Kompas TV Dinas PU Kabupaten Pidie membangun jembatan sementara.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com