Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK: Alat Antikantuk Buatan Mahasiswa Itu Inovasi Baik, Dipasang di Kursi DPR Bagus, Kan...

Kompas.com - 04/12/2017, 18:18 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com — Wakil Presiden Jusuf Kalla memuji inovasi alat antikantuk yang diciptakan sejumlah mahasiswa Universitas Brawijaya beberapa waktu lalu.

Hal itu disampaikan Kalla menyinggung soal pentingnya inovasi saat menjadi keynote speaker dalam Seminar Nasional Hilirisasi Inovasi Teknologi dan Start-Up Bisnis di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya, Kota Malang, Senin (4/12/2017).

"Saya membaca ada mahasiswa, malah mungkin ada di sini, yang menciptakan tempat tidur yang antingantuk, juga merupakan suatu hal yang baik," katanya.

Dia pun berseloroh agar semua kursi yang ada di ruang sidang DPR dilengkapi alat antikantuk supaya tidak ada anggota DPR yang tidur saat sidang.

Menurut dia, alat antikantuk itu sangat bagus jika dibagikan kepada anggota DPR dan diletakkan di ruang sidang.

"Itu kalau nanti dibagikan kepada anggota DPR di ruang sidang itu bagus, kan. Nanti minta kepada Ketua DPR, semua kursi DPR disediakan itu, tempat duduk yang antingantuk," katanya disambut tawa para hadirin.

Tidak hanya bagi anggota DPR, sejumlah pejabat, menurut dia, juga membutuhkan alat tersebut.

"Seperti pejabat juga kadang-kadang penting. Jadi Pak Wagub sediakan (alat antikantuk) itu. Apalagi, kalau sudah jadi nanti," katanya kepada Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf yang kebetulan hadir dalam kesempatan itu.

Sebelumnya, sekitar akhir Juni lalu, sejumlah mahasiswa Universitas Brawijaya menciptakan alat antikantuk. Ada tiga mahasiswa yang mengembangkan alat itu, yakni Prayoga Bintang Primawan, Wahyu Tsary Naufal, dan Asri Anjasari. Ketiganya merupakan mahasiswa Jurusan Teknik Mesin.

Alat itu terdiri dari dua perangkat, yakni alas duduk yang dilengkapi alat getar dan sensor detak jantung yang dikemas seperti jam tangan.

Jika sensor detak jantung menunjukkan pengguna sudah mulai mengantuk, alat itu akan merespons dan menyalurkannya kepada alat getar yang ada di alas duduk. Alat itu bisa dipakai bagi pengendara supaya tidak ngantuk selama perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com