Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panglima TNI Ziarah ke Makam Soekarno, Soeharto hingga Jenderal Sudirman

Kompas.com - 19/09/2017, 17:17 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo melakukan ziarah ke makam Panglima Besar Jenderal Sudirman di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara, Yogyakarta.

Ziarah ini dilakukan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-72 TNI. Gatot datang berziarah didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi.

Gatot bersama rombongan dan keluarga besar Panglima Besar Jenderal Sudirman bersama-sama berdoa di makam Panglima TNI pertama Republik Indonesia. Usai memanjatkan doa, mereka menaburkan bunga.

"Jadi hari ini, setelah ke makam Pak Soeharto, saya berziarah ke Makam Panglima Besar Jenderal Sudirman," ujar Gatot.

Dia menyampaikan, Jenderal Sudirman merupakan Panglima TNI pertama dan yang termuda. Sudirman juga dikenal seorang panglima yang sederhana dan sangat dekat dengan para prajurit.

"Saya bersama rombongan, mewakili seluruh keluarga besar TNI, berziarah, dan memanjatkan doa untuk Almarhum Panglima Besar Jenderal Sudirman dan semua yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan ini," tuturnya.

(Baca juga: Panglima TNI: Beberapa Hari Ini Saya Stres)

Gatot mengajak seluruh Prajurit TNI untuk meneladani langkah perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman. Meski hanya dengan satu paru-paru, lanjut dia, Jenderal Sudirman pantang menyerah dan terus berjuang. Bahkan bisa memenangi berbagai pertempuran.

"Prajurit harus meneladani langkah perjuangan Beliau sehingga api perjuangan dan semangat yang dikobarkan oleh Panglima Besar Jenderal Sudirman bisa mematri di seluruh prajurit TNI di mana pun bertugas dan menjadi prajurit yang pantang menyerah untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia," tandasnya.

Sebelumnya, Gatot dan rombongan melaksanakan ziarah ke makam mantan Presiden RI Soekarno di Blitar, Jawa Timur, makam Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Jombang, dan Soeharto di Karanganyar, Jawa Tengah.

Seperti dilaporkan Antaranews.com, Gatot berziarah dengan didampingi pihak keluarga besar Soeharto yang diwakili oleh Ari Sigit. Di area makam, mereka juga berdoa bersama lalu menaburkan bunga.

Menurut Panglima, kegiatan berziarah tersebut dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-72 TNI yang jatuh pada 5 Oktober.

"Kami bersama jajaran TNI sebelum melakukan ziarah di makam Presiden Ke-2 Soeharto Giribangun Karanganyar, ke makam Presiden pertama Soekarno di Blitar dan Presiden ke-4 Abdurahman Wahid di Rembang," kata Gatot.

Panglima mengatakan ketiga pemimpin tersebut harus menjadi teladan.

Ari Sigit yang mewakili pihak keluarga Soharto mengaku sangat berterima kasih atas kegiatan ziarah oleh TNI.

"Kami berharap kegiatan ini, dapat dilakukan setiap tahun dalam HUT TNI," katanya.

 

Kompas TV Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tak mau ambil pusing soal pemutaran film G-30-S PKI di lingkungan internal TNI.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com