Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Sudaslan Menarik Gondola bagi Jeon Soo Min dan Lee Kwang-soo di Pantai Timang

Kompas.com - 06/09/2017, 11:24 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Eksotisme pantai Timang, di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, menjadi pilihan salah satu lokasi pengambilan gambar variety show asal Korea Selatan, Runing Man, pada hari Senin (4/9/2017).

Dua artis asal Korea, Jeon Soo Min dan Lee Kwang-soo, siang itu menaiki gondola yang dipasang oleh warga setempat.

Dengan lintasan sekitar 100 meter dari Tebing Pantai timang menuju pulau Panjang, pengunjung akan naik gondola tradisional yang diikat menggunakan tali. Pengunjung pun bisa merasakan sensasi menikmati Samudera Hindia dengan batuan karang di bawah gondola.

Salah seorang yang menjadi penarik Gondola, Sudaslan (33) mengaku sudah diberitahu 15 hari sebelum acara tersebut. Khusus hari Senin, tidak boleh ada wisatawan yang menaiki gondola, kecuali rombongan asal Korea Selatan yang hendak mengambil rekaman video untuk variety show Runing Man itu.

Saat itu, sekitar lokasi sekitar 200 meter harus seteril dari pengunjung. Yang diperbolehkan masuk cuma penarik gondola dan kru TV asal Korea. "Tidak ada bedanya dengan wisatawan yang lain. Mungkin karena kami sudah terbiasa, karena biasanya juga banyak wisatawan asal Korea," katanya, Selasa (5/9/2017).

Baca juga: Yuk, Uji Keberanian Menaiki Gondola di Pantai Timang

Dia mengaku tidak mengetahui jika kedua artis tersebut tengah digandrungi anak muda, karena TV miliknya tidak pernah menyiarkan acara tersebut. Menurut dia, ratusan penggemar kedua artis Korea Selatan itu, rela datang ke lokasi untuk menyaksikan artis idolanya.

Sudaslan menyebut, beberapa kali dia dan penarik gondola harus mengulang menarik gondola demi pengambilan gambar. Acara tersebut mulai sekitar pukul 10.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB, "Gondola harus berada di tengah supaya (saat pengambilan Gambar) terkena deburan ombak, kalau tidak pas kena ombak harus diulang," ucap pria yang dibayar Rp 60.000 per hari ini.

Penarik Gondola lainnya Sumanto mengaku bangga gondola yang ditariknya dijadikan pengambilan gambar variety show  Korea. Menurut dia, lokasi tersebut sudah dua kali digunakan untuk pengambilan gambar,  yakni tahun 2013 lalu. Tak hanya itu, artis mancanegara maupun artis Indonesia beberapa kali datang untuk naik gondola.

"Bangga artis luar negeri banyak ke sini, untuk artis Korea biasa saja, karena wisatawan Korea banyak," ucapnya.

Baca juga: Park Bo-gum Kali Ini Bantu Lee Kwang-soo dan Song Ji-hyo

Salah seorang pengelola gondola pantai Timang, Wasiman, mengatakan,  tahun 1997 silam, awalnya gondola ini dibuat untuk mencari lobster yang banyak berada di pulau Panjang. Bersama 6 orang temannya dirinya membuat gondola. Awalnya hanya 3 tali, namun saat ini sudah 9 tali tang digunakan untuk mengamankan gondola.

Sempat ada usulan untuk mengganti penariknya dari tenaga manusia menggunakan tenaga diesel. Namun ditolak karena ingin mempertahankan bentuk dan keamanan. "Untuk kenyamanan dan keselamatan, tali tambang yang kita gunakan selalu kita ganti jika sudah usang," ujarnya.

Menurut dia, wisatawan yang berani mencoba gondola sebagian besar wisatawan luar negeri, seperti Malaysia, singapura, dan beberapa negara tetangga lainnya. Setiap hari rata-rata pengunjung 50 sampai 150 orang. 

Kompas TV Inilah video rekaman video amatir yang menunjukkan aksi mulia anggota TNI di wilayah Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com