Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jual Daging Sapi Hasil Curian, 2 Warga Sumba Barat Ditangkap Polisi

Kompas.com - 08/08/2017, 17:36 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

WAIKABUBAK, KOMPAS.com – Aparat Kepolisian Resor Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), menangkap dua orang warga pemasok daging sapi curian. Daging itu untuk dijual ke pasar di wilayah itu.

Kepala Bidang Humas Polda NTT Kombes Jules Abraham Abast mengatakan, dua pelaku itu diketahui berinisial SM (40) dari Kabupaten Sumba Barat dan BM (50) dari Kabupaten Sumba Barat Daya.

“Pelaku penjual dan pemasok daging hasil curian ke Pasar Waikabubak itu ditangkap di Jalan Soekarno, Kelurahan Maliti, Kecamatan Kota Waikabubak, Senin (7/8/2017) kemarin,” kata Jules kepada Kompas.com, Selasa (8/8/2017).

Proses penangkapan berawal pada Minggu, 6 Agustus 2017, sekitar pukul 19.30 Wita. Saat itu, personil tim gabungan Polres Sumba Barat menghadang dan mengejar para pelaku yang mengendarai Suzuki Grandmax berwarna putih di Jalan Jurusan Anakalang–Waikabubak.

(Baca juga: Polisi Temukan 16 Baterai Gardu Telkom Curian yang Disembunyikan)

“Saat dikejar, para pelaku melarikan diri. Sekitar pukul 21.30 Wita, mobil yang digunakan para pelaku ditemukan di Jalan Basuki Rahmat, Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat dalam keadaan terparkir. Namun tidak terkunci dan ditutup dengan menggunakan terpal berwarna coklat,” jelas mantan Kapolres Manggarai Barat itu.

Setelah dilakukan pengembangan, polisi berhasil menangkap pelaku BM yang sedang bersembunyi di rumah warga yang letaknya dekat dengan lokasi penemuan mobil. Setelah pengamanan pelaku, tim menyisir dan menemukan dua karung daging sapi.

“Dari hasil interogasi terhadap BM, didapatkan keterangan bahwa dirinya diajak oleh pelaku SM, untuk mengambil daging sapi di daerah Tanambanas, Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Kabupaten Sumba Tengah, untuk dipasarkan di wilayah Kota Waikabubak,” terang Jules.

Dari hasil keterangan BM, Senin dini hari, tim gabungan Polres Sumba Barat mendatangi Jalan Soekarno, Kelurahan Maliti, Kecamatan Kota Waikabubak. Tim berhasil menangkap SM.

Hingga kini, kedua pelaku bersama barang bukti telah diamankan di Mapolres Sumba Barat. Barang bukti yang diamankan berupa satu unit mobil pick up Suzuki Grand Max warna putih, 2 karung daging sapi sekitar 100 kilogram dan satu telepon genggam merk Venera.

Kompas TV Jelang Lebaran, Daging Sapi Tetap Jagoan Harga Tinggi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com