Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tengkorak dan Tulang Manusia Ditemukan di Gunung Ciremai

Kompas.com - 25/07/2017, 12:10 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Tengkorak dan tulang belulang manusia ditemukan di Taman Nasional Gunung Ciremai, wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Penemuan kerangka tulang manusia itu bermula dari ritual semedi yang dilakukan sejumlah orang di makam keramat di area bumi perkemahan Argalingga, Argapura, Kecamatan Majalengka pada 13 Juli 2017.

Toto Suarto yang hendak bertarung dalam Pemilihan Kepala Desa Argalingga berangkat ke makam bersama tujuh orang lainnya sekitar pukul 23.00 WIB.

Di lokasi makam, Nana dan Rudi kerasukan. Dalam kondisi tersebut, keduanya mengatakan ada tiga orang korban meninggal di Gunung Ciremai yang meminta disempurnakan.

Para penyaksi mengartikan sebagai permintaan agar rangkanya ditemukan dan dikuburkan secara layak.

(Baca juga: Sebelum Tewas Tertabrak Truk, Korban Ganti Nama WA Jadi "Calon Mayat")

Toto dan 16 warga Argalingga lainnya masuk kembali ke hutan TNGC. Mereka berangkat sekitar pukul 08.30 WIB dan tiba di blok hutan kayu margasatwa sejajar dengan ketinggian Pos 3 Pendakian TNGC pukul 12.00 WIB.

"Di tempat ini mereka menemukan tengkorak dan tulang belulang yang masih terbungkus pakaian. Dugaan tengkorak dan tulang belulang itu jasad seorang perempuan," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus, Minggu (23/7/2017).

Melekat di tengkorak dan tulang belulang kaus biru berpolet hitam, sebuah jaket hitam berpolet merah, sehelai rok berwarna biru, dan tas hitam bercorak merah muda di sampingnya.

"Tidak ada kartu identitas yang ditemukan dari tengkorak itu. Dugaan bahwa tengkorak manusia itu adalah perempuan karena ada rok," terang Yusri.

Seusai menemukan satu tengkorak Toto dan warga lainnya kembali mencari dua korban lain yang disebut saat Nana dan Rudi kerasukan. Namun, hujan keburu lebat dan akhirnya 17 warga Argalingga itu kembali turun ke perkampungan.

"Usia tengkorak itu diperkirakan sudah setahun. Dia kemungkinan orang yang tersesat dan kehabisan makanan saat pendakian," ujar Yusri.

Sementara itu Tim Inafis Polres Majalengka sedang mengevakuasi tengkorak itu.

Berita ini telah tayang di Tribunnews.com, Selasa (25/7/2017), dengan judul: Cerita Terungkapnya Penemuan Tiga Tengkorak di Gunung Ciremai

 

 

Kompas TV Kelainan Tulang, Bocah Ini Punya Tulang Rapuh & Mudah Patah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com