Belasan Kapal Terbakar, Bupati Pati Minta Perbaikan Kapal di Bengkel

Kompas.com - 17/07/2017, 16:38 WIB
Kapal-kapal terbakar di Pelabuhan Juwana, Pati, Jawa Tengah, Sabtu (15/7/2017) Dokumentasi Polda JatengKapal-kapal terbakar di Pelabuhan Juwana, Pati, Jawa Tengah, Sabtu (15/7/2017)
|
EditorErlangga Djumena

PATI, KOMPAS.com - Dua kali insiden kebakaran kapal di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah memicu reaksi dari Bupati Pati Haryanto. Orang nomor satu di Pati itu meminta kepada pemilik kapal berukuran besar supaya berkenan melakukan perbaikan kapal di lokasi yang memadai.

"Untuk mengantisipasi kebakaran kapal, jika perbaikan harus di dock kapal atau bengkel kapal. Ada profesional yang menangani perbaikan kapal. Sudah ada dock kapal meski terbatas," kata Haryanto kepada Kompas.com, Senin (17/7/2017).

Menurut dia, dua kali kasus kebakaran kapal dalam kurun sebulan lebih ini di wilayahnya terjadi karena faktor yang serupa. 

"Adanya aktivitas pengelasan untuk perbaikan kapal. Pengelasan menyulut bahan bakar kapal dan terjadi kebakaran. Jadi saya minta perbaikan sebaiknya di dock kapal," kata Haryanto.

Baca juga: Sulit Dipadamkan, Kebakaran Kapal di Juwana Berlangsung Lama

Seperti diberitakan, kebakaran hebat di utara pulau seprapat itu telah meluluhlantahkan belasan kapal berukuran di bawah 100 Gross Ton (GT) tersebut. Tiga orang diketahui mengalami luka bakar serius.

Kendaraan damkar tidak bisa menuju lokasi kebakaran karena tidak ada akses jalan. Warga dan petugas pun terpaksa menghentikan upaya pemadaman manual yang dilakukan karena dikhawatirkan terjadi ledakan.

Mereka pun akhirnya hanya bisa memantau material kapal ludes dengan sendirinya.

Kebakaran yang terjadi pada Sabtu (15/7/2017) siang itu berangsur padam pada Minggu (16/7/2017).



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X