Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Mobil Lawan Arus di Tol, TMJ Sebut Pelaku Keluar di GT Ungaran

Kompas.com - 12/06/2017, 05:44 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Petugas operator Sentral Komunikasi (Semkom) PT Trans Marga Jateng (TMJ) Yoga Akbar membenarkan isi video rekaman sebuah minibus warna silver melintas melawan arah di Jalan Tol Semarang-Ungaran menuju Salatiga yang diunggah seorang netizen pemilik akun Christovita Wiloto.

Aksi nekat pengemudi yang tidak diketahui identitasnya tersebut terjadi pada Sabtu (10/6/2017) sekitar pukul 13.00 WIB.

"Saya mendapatkan informasi dari salah satu rekan yang akan berangkat kerja ke Gardu Tol Banyumanik, menginformasikan di kilometer 22 arah Ungaran ke Semarang, ada kendaraan Kijang kapsul melawan arah. sekitar pukul 13.00 WIB," kata Yoga, Minggu (11/6/2017) malam.

Tak ingin terjadi sesuatu kepada pengemudi tersebut dan pengguna jalan tol lainnya, Yoga segera meneruskan informasi tersebut kepada Unit Pelayanan Lalu Lintas Jalan Tol agar melacak keberadaan mobil itu.

Kebetulan saat itu unit layanan tersebut ada di jalur sebelahnya, yakni di kilometer 19. Namun ketika dilakukan pelacakan, kendaraan yang melawan arah tersebut sudah tidak ada.

"Dimungkinkan sudah keluar di Gerbang Tol Ungaran. Itu kejadiannya sangat cepat sekali," katanya.

Baca juga: Viral Porter Kembalikan Tas Berisi Rp 254 Juta, PT KAI Beri Penghargaan

Beruntung selama aksi konyol tersebut, tidak ada kejadian buruk yang menimpa para pengendara jalan tol yang melintas dari arah Ungaran ke Semarang. Padahal jika jarak dari kilometer 22 hingga GT Ungaran diperkirakan sejanjang satu kilometer.

"Baru kali ini dan semoga yang terakhir. Kami imbau kepada para pengguna jalan tol, jangan coba-coba, sangat berbahaya," ucapnya.

Menurut Yoga, jika pengemudi Kijang kapsul tersebut tertangkap oleh petugas. TMJ akan menyerahkannya ke Petugas Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Jateng sebagai pihak yang berwenang menindak pelanggaran di jalan tol di Semarang.

"Itu kalau ketangkap, akan kami serahkan ke PJR Tol. Hukumannya seperti biasa, penindakan untuk ditilang," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, video rekaman sebuah kendaraan minibus warna silver melintas melawan arah di Jalan Tol Semarang-Ungaran menuju Salatiga viral di media sosial. Seorang netizen pemilik akun Christovita Wiloto merekam peristiwa itu selama kurang lebih 30 detik.

"EDAN !!! Tadi waktu di tol ke Salatiga dari Semarang, kami dikejutkan dengan mobil FAST FURIOUS ALA INDONESIA, di seberang jalan ada kendaraan melaju kencang melawan arus tol, mobil melaju cukup jauh kembali ke gerbang masuk Salatiga. Edan !!!. Saya rekam via video handphone," tulis akun Christovita Wiloto.

Di dalam video tersebut, Christovita Wiloto juga sempat mengomentari aksi pengemudi mobil tersebut. "Saudara-saudara ada orang lucu ...di tol jalan melawan arus...di tol Semarang menuju Salatiga...waow berapa kilometer dia jalan," ucap Wiloto dalam video tersebut.

Baca juga: Viral, Video Mobil Lawan Arus di Tol Semarang-Ungaran

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com