Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Pendek Buatan Anak Bandung Ini Lolos ke Hamburg Festival

Kompas.com - 05/06/2017, 15:18 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Film pendek berjudul "Semua Karena" lolos ke 33rd Hamburg International Short Film Festival atau International KurzFilm Festival (IKFF) Hamburg, salah satu festival film bergengsi di Benua Eropa.

Koordinator Bandung Film Council (BFC) Sofyana Ali Bindiar mengatakan, film yang mengangkat isu gejolak politik Indonesia ini masuk nominasi di Kategori Three Minute Quickie Competition.

Sofyana menjelaskan, festival film ini bergensi di Eropa. Setiap tahun, mereka mengurasi ribuan film dari seluruh dunia.

Ia mengaku bangga filmnya bisa tembus ajang bergengsi ini. Apalagi selama ini Bandung yang Lekat dengan sejarah perfilman Indonesia, minim prestasi.

“Jika menemui filmmaker lain dari daerah lain di festival film, mereka sering menanyakan ‘mana film dari Bandung? nih’ Karena memang harus diakui film produksi dari Bandung, yang bukan hanya bersetting di Bandung, tergolong masih jarang berbicara di tingkat nasional,” ungkapnya dalam rilis yang diterima Kompas.com. Senin (5/6/2017).

(Baca juga: Berikan Pendidikan untuk Pemilih, KPU Gelar Festival Film Pendek)

Karena itu, BFC menggelar workshop untuk merangsang kembali semangat berkarya para pembuat film di Kota Bandung, dimulai dengan membuat film berdurasi singkat. Hal itu justru memiliki tantangan tersendiri, apalagi dengan alat sederhana yakni smartphone.

Film-film hasil workshop tersebut, termasuk film “Semua Karena” yang diproduksi komunitas yang menamai dirinya TEMAN BAIK, dirujuk oleh BFC untuk didaftarkan ke IKFF Hamburg yang membuka kategori kompetisi film berdurasi di bawah tiga menit.

Tanpa diduga, film berdurasi 1,5 menit ini lolos seleksi dan masuk nominasi. Kesempatan film ini menjadi nominator pada ajang ini adalah sebuah kesempatan bagi Bandung dan Indonesia untuk semakin dikenal di kancah internasional sebagai penghasil karya-karya kreatif.

“Film kami akan diputar di sana dan diberi kesempatan untuk dipresentasikan dan tentunya tidak lupa juga kami akan memperkenalkan daerah asal kami,” ujar Sutradara Film “Semua Karena” Deden M. Sahid.

(Baca juga: Film Pendek Love Actually 2 Diputar Maret 2017)

Terpilihanya film ini adalah kesempatan emas bagi dirinya. Ia ingin melihat dan belajar berbagai film pendek kelas dunia, memperluas koneksi dengan para filmmaker serta koneksi ke investor dan distributor film kelas dunia.

Produser Film “Semua Karena” Abdalah Gifar Abisena menerangkan, film pendek dari Bandung ini menjadi satu-satunya wakil Indonesia dari empat negara Asia yang lolos, yakni Jepang, Afganistan, dan India di kategori tersebut.

Film keempat negara ini hadir di tengah kepungan film-film dari Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com