Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tebing Pantai Ngungap Longsor, Terumbu Karang Rusak

Kompas.com - 28/05/2017, 14:24 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Longsornya tebing pantai Ngungap, yang berada di sebelah timur Pantai Baron, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta, tidak hanya mengakibatkan kerugian pada sektor pariwisata, tetapi juga rusaknya terumbu karang yang banyak dihuni lobster dan ikan.

Sekretaris SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Surisdiyanto mengatakan, dampak yang kini ditimbulkan yaitu air sekitar lokasi menjadi kotor. Sementara dampak dalam waktu panjang terumbu karang di bawah area longsoran menjadi rusak.

"Dampaknya terumbu karang di bawah area longsor rusak. Di sana merupakan habitat lobster dan ikan yang biasa ditangkap warga baik menggunakan jaring atau pun pancing,"katanya saat ditemui saat pemasangan rambu Minggu (28/5/2017).

Bukit Ngungap tersebut, sejak lama digunakan jalan penghubung bagi wisatawan yang ingin mengunjungi pantai Kukup dari pantai Baron dengan menyisir perbukitan karst sambil melihat hamparan samudera Hindia. Namun jalan setapak tersebut saat ini sudah hilang.

"Sebelum longsor dibawah itu ada tangga kecil digunakan warga untuk mencari lobster dan rumput laut," ucap Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul Marjono.

Untuk mengantisipasi warga masuk ke lokasi. Saat ini di lokasi terpasang dua papan atau rambu rawan longsor, yang dipasang Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul. Selain itu juga dipasang garis polisi dari Polsek Tanjungsari. Sebab, masih ada rekahan sepanjang 100 meter.

"Untuk sementara ditutup bagi wisatawan yang ingin ke bukit pantai ngungap,"katanya.

Sementara Kapolsek Tanjungsari, AKP Basuki Triyono, menyampaikan, pihaknya menerjunkan petugas membantu SAR untuk mengantisipasi jika ada wisatawan atau warga masuk ke lokasi.

"Jangan sampai ada wisatawan atau warga masuk ke lokasi karena masih ada potensi longsor susulan," sebutnya.

Longsor tebing pantai selatan bukan hanya sekali, Tahun 2015 lalu Di Pantai Sadranan tebing ambrol menyebabkan 4 orang tewas, dan belasan lainnya luka-luka.

Selain itu, sesaat setelah gempa 2006, tebing sisi barat pantai Baron juga longsor.

Saat ini Pemkab Gunungkidul sudah memasang rambu untuk wisatawan tidak berteduh di dalam gua batu karang yang tersebar di seluruh wilayah pantai. 

Baca juga: Tebing Pantai Ngungap Gunungkidul Longsor, Tempat Wisata Ditutup

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com