Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Sehari 7 Lokasi di Sleman Kebakaran, Diduga Ada Kesengajaan

Kompas.com - 06/02/2017, 08:51 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

SLEMAN,KOMPAS.com - Dalam satu hari terjadi rentetan kebakaran di Kabupaten Sleman, Yogyakarta yakni Rewulu, Godean, dan Mejing Kidul, Gamping. Diduga, rentetan kebakaran yang terjadi pada Minggu (5/2/2017) ada faktor kesengajaan yang dilakukan oleh orang tidak dikenal.

Kapolres Sleman AKBP Burkan Rudy Satria mengatakan, lokasi kebakaran terjadi di tiga lokasi di Rewulu, Godean dan empat lokasi di Mejing, Gamping.

"Yang di Rewulu sekitar jam 11.30 WIB, jam 12.30 WIB dan jam 14.00 WIB. Di Mejing, Gamping sekitar jam 17.00 hingga jam 17.30 WIB," ujar Kapolres Sleman, AKBP Burkan Rudy Satria.

Burkan menyampaikan, ada sejumlah kesamaan dari semua tempat kejadian, yakni posisi lokasi yang terbakar di depan rumah. Dugaan awal, kebakaran tersebut ada faktor kesengajaan. Namun demikian pihaknya belum dapat menyimpulkan dan masih menunggu hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) ulang.

"Belum dapat disimpulkan. Kita menunggu olah TKP ulang, baru kita simpulkan," ucapnya.

Ia menyebutkan, sebelum kejadian ada saksi mata yang sempat melihat, dua orang berboncengan menggunakan sepeda motor.

"Masih kita telusuri. Ciri-cirinya sudah kita dapat," ujar dia.

Saat ini pihak kepolisian masih terus melakukan penyelidikan dan akan segera mengungkap kejadian ini. "Masyarakat tidak perlu panik. Akan segera kita ungkap," sebutnya.

Salah satu bangunan yang terbakar adalah gudang milik Pimpinan Redaksi Bernas, Putut Wiryawan di Mejing Kidul, Ambarketawang Gamping, Sleman, Yogyakarta.

"Kami sekeluarga dalam keadaan baik-baik saja. Sehat wal afiat. Tidak kurang suatu apa pun," ujar Putut Wiryawan.

Ia menyebutkan, peristiwa tersebut terjadi sekitar Minggu (5/2/2017) pukul 17.30 WIB. Warga yang melihat lantas berteriak dan membunyikan klakson motor. Warga juga berusaha memadamkan dengan peralatan yang ada.

Kebetulan petugas pemadam kebakaran saat itu baru saja selesai memadamkan api di gudang kayu sebelah utara yang tak jauh dari tempatnya. Mendengar ada kebakaran, petugas pemadam kebakaran langsung meluncur. Walau api sempat membesar namun berhasil dikuasai dan dipadamkan oleh petugas Kebakaran.

"Yang terbakar gudang samping rumah. Gudang itu berisi barang bekas termasuk tumpukan kertas tak terpakai," ucapnya.

Sebelum gudang miliknya terbakar lanjutnya, gudang kayu yang berjarak 400 meter dari tempat tinggalnya juga terbakar. Setelah itu,  kandang ayam di milik tetangganya juga terbakar.

Tak berhenti di situ, sekitar pukul 18.15 WIB teras rumah warga di Gamping Lor, juga kebakaran. "Kejadiannya berdekatan dan waktunya juga selisih sedikit. Saya menduga ada semacam upaya menciptakan keresahan," katanya.

Putut mengungkapkan tidak memiliki masalah dengan siapapun. Sebelum kejadian juga dirinya maupun keluarga tidak mendapatkan ancaman.

"Saya tidak ada masalah. Kapasitas saya sebagai pekerja media, Ketua RW dan tokoh masyarakat di sini juga tidak ada musuh," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com