Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembaca "Kompas" Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Aceh

Kompas.com - 11/12/2016, 17:23 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

PIDIE JAYA, KOMPAS.com -  Pembaca harian Kompas menyalurkan bantuan bagi korban gempa di Aceh, Minggu (11/12/2016). Bantuan berupa bahan kebutuhan pokok dan selimut tersebut disalurkan ke beberapa tempat pengungsian.

Salah satu lokasi penyerahan bantuan itu adalah Desa Lancang Paru, Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya.

Koordinator Dana Kemanusiaan Kompas Edi Sutedja mengatakan, bantuan yang diberikan adalah sumbangan dari pembaca Kompas dan disalurkan melalui Yayasan kompas.

"Kita menyalurkan bantuan ke beberapa titik, terutama didesa desa yang ada di pedalaman dan belum tersentuh bantuan," kata Edi.

Sekretaris Desa Lancang Paru M Daud mengatakan, ada 125 kepala keluarga di desa tersebut dan baru kali ini mendapat bantuan dari pihak nonpemerintah.

"Tak ada rumah rubuh di sini, tapi ada banyak yang retak-retak. Warga takut kembali ke rumah karena masih ada gempa susulan dan warga tinggal dihalaman meunasah desa," kata Daud.

Lokasi Desa Lancang Paru saat ini adalah tempat relokasi. Sebelumnya desa ini berada di pinggir pantai yang berjarak 1 kilometer dari tempat relokasi tersebut.

"Desanya dulu hancur oleh hantaman gempa dan tsunami 12 tahun lalu, makanya direlokasi ke sini. Pengalaman itu membuat warga trauma," ujar Daud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com