Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minta Kakinya Diamputasi, Pasien BPJS Ini Diusir dari Rumah Sakit

Kompas.com - 31/10/2016, 15:42 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Alwiyah Patty hanya bisa terbaring lesu. Ibu muda ini hanya bisa menaruh kedua tangan di atas kepalanya sambil sesekali mengerang kesakitan yang terus menjalar ke tulang kaki hingga tubuhnya.

Di kamar kos-kosan salah satu keluarganya di kawasan Batu Merah, Kecamatan Sirimau Ambon, ibu berusia 35 tahun ini terbaring lemah tanpa penanganan medis.

Kaki kirinya tidak lagi normal seperti dulu karena betisnya terus mengecil hingga tampak hanya kulit yang membungkus tulang kakinya. Sedangkan kaki bagian kanannya harus ia relakan diamputasi pada tahun 2012 silam karena penyakit infeksi tulang yang dideritanya.

Akibat penyakit menahun yang dideritanya itu, Alwiyah kini hanya bisa pasrah sambil berdoa, semoga rasa sakit yang dideritanya bisa segera berakhir.

Saat ini, tak banyak yang bisa ia diperbuat selain mengonsumsi obat penahan rasa nyeri.

Diusir dari rumah sakit

Jumat pekan lalu mungkin menjadi hari yang paling sial bagi Alwiyah. Harapannya untuk mendapatkan kesembuhan di Rumah Sakit Bahayangkara Ambon pupus, setelah ibu beranak dua ini diminta keluar oleh dokter dari rumah sakit tempatnya dirawat.

Meski dengan berat hati, Alwiyah dan sang suami, Azis Hadeo terpaksa harus angkat kaki dari rumah sakit. Padahal, kondisi Alwiyah saat itu masih sangat lemas dan membutuhkan perawatan.

Alwiyah juga masih terus menggigil karena tidak mampu menahan sakit yang dideritanya. Dalam kondisi seperti itu, Alwiyah harus digotong suaminya keluar dari rumah sakit bersama semua barang-barangnya.

Saat ditemui Kompas.com, Alwiyah menuturkan kisah sedih yang menimpa dirinya itu.

Dia mengaku terpaksa keluar dari rumah sakit tersebut setelah diperintahkan oleh seorang dokter yang sempat menemuinya di sana.

“Saat itu, dokter tanya kondisinya saya gimana? Lalu saya menjawab masih lesu dan sesak nafas, saya juga masih merasa keram dan menggigil, tapi dokter bilang ibu keluar hari ini saja nanti bisa berobat di luar,” kata Alwiyah, Minggu (30/10/2016).

Pernyataan dokter tersebut membuat Alwiyah dan suaminya kaget. Meski memiliki kartu jaminan kesehatan dari BPJS, harapan untuk menikmati perawatan dengan baik tak juga didapatkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com