Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deteksi Virus Zika, KKP Bandara Ngurah Rai Bagikan "Health Alert Card"

Kompas.com - 01/09/2016, 16:38 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Untuk antisipasi masuknya virus zika masuk ke Bali, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara melakukan deteksi bagi penumpang, khususnya yang datang dari Singapura.

"Tim KKP melakukan deteksi bagi penumpang terutama yang dari Singapura," kata Lucky Tjahyono, kepala KKP Bandara I Gusti Ngurah Rai kepada Kompas.com melalui pesan singkat, Kamis (1/9/2016).

"Sebelum mendarat, diumumkan bagi penumpang yang ada keluhan sakit, demam, segera lapor ke tim kesehatan di Bandara Ngurah Rai. KKP juga membagi Health Alert Card," tambahnya.

Lucky menjelaskan, Health Alert Card memberikan informasi tentang virus zika. Jika ada keluhan demam pusing, penumpang harus segera melapor.

Jika memang ada penumpang yang mengalami hal tersebut, maka tim kesehatan bandara akan memeriksa sesuai SOP. Jika dicurigai terkena virus zika, maka pasien akan dirujuk ke RS Sanglah.

Selain itu, alat pendeteksi tubuh atau thermoscanner juga ditempatkan di pintu kedatangan internasional sehingga memudahkan petugas kesehatan bandara untuk mendeteksi penumpang, khususnya yang datang dari Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com