Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentar Pengelola Hotel soal Bisnis Prostitusi untuk Kaum Gay di Bogor

Kompas.com - 31/08/2016, 18:45 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Bareskrim Polri mengungkap kasus jaringan prostitusi anak di bawah umur untuk kaum gay, di wilayah Cipayung, Puncak, Bogor, Jawa Barat, Selasa (30/8/2016). Pengungkapan ini terbongkar melalui patroli cyber.

Dalam penggerebekan yang dilakukan di Hotel Cipayung Asri, polisi mengamankan satu tersangka berinisial AR (41).

Selain menangkap AR, polisi juga mengamankan tujuh korban anak laki-laki, enam orang di bawah umur dan satu korban berusia 18 tahun.

Pengelola Hotel Cipayung, Asri Boboy Riswanto membenarkan kejadian tersebut. Namun dia tidak mengetahui persis soal kasus itu.

Kata Boboy, penangkapan dilakukan pada hari Selasa (30/8/2016) sekitar pukul 14.00 WIB.

"Sebelumnya, polisi sudah datang ke sini minjem kamar. Bilangnya mau nangkap orang. Nggak lama, datanglah pelaku bersama anak-anak ini," kata Boboy, saat ditemui Kompas.com, Rabu (31/8/2016).

Baca juga: Bareskrim: Pelaku Perdagangan Anak untuk Kaum Gay Sudah Beroperasi Setahun

Boboy membantah bahwa pelaku sering datang ke hotel itu. Menurut dia, dalam database hotel baru kali ini pelaku datang untuk menyewa kamar.

"Justru saya baru tahu persis kasus ini dari pemberitaan di media massa," ucapnya.

Dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (31/8/2016), Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar mengatakan, AR menawarkan jasa prostitusi anak di bawah umur melalui akun Facebook.

Pengungkapan bisnis AR berdasarkan penelusuran Tim Cyber Crime di dunia maya. Mereka menemukan akun Facebook milik AR yang menampilkan foto-foto korban dengan tarif yang telah ditentukan.

Atas perbuatannya, AR diancam pasal berlapis terkait Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, UU Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi, dan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com