Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut HUT RI, Wayang Kulit Kibarkan Bendera Merah Putih

Kompas.com - 15/08/2016, 06:06 WIB
Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Beragam cara dilakukan untuk memeriahkan HUT Ke-71 RI.

Di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh para tokoh wayang kulit. Beberapa tokoh wayang Sasak seperti Amaq Ocong dan Amaq Baoq, ikut mengibarkan bendera merah putih dalam pertunjukan "Roah Ampenan'", pentas wayang perdamaian yang digelar di bekas Pelabuhan Ampenan, Kota Mataram, Sabtu (13/8/2016).

Pentas wayang Sasak oleh dalang Bayu Azmi, siswa Sekolah Pedalangan Wayang Sasak, bercerita tentang kerukunan antar warga di Ampenan yang terdiri dari beragam suku, agama, ras dan golongan.

Selain mengajak warga Ampenan agar tetap menjaga kerukunan, dalam pentas tersebut, para tokoh wayang juga mengajak warga untuk memasang bendera bendera merah putih untuk memeriahkan HUT Ke-71 RI.

Belasan bendera dengan warna merah putih tampak menghiasi kelir (layar) saat para tokoh wayang memasang bendera. Hal ini berbeda dengan pentas wayang pada umumnya karena warna bendera dan umbul-umbul muncul jelas di depan kelir.

Ketua Yayasan Sekolah Pedalangan Wayang Sasak, Abdul Latif Apriaman mengatakan, belasan bendera merah putih yang warnanya muncul jelas di depan kelir tersebut terbuat dari plastik bekas botol air mineral yang dibentuk sedemikian rupa kemudian dicat berwarna-warni.

Tidak hanya bendera, pertunjukan wayang malam itu juga diramaikan dengan munculnya wayang-wayang berwarna lainnya. Ada penari rudat yang mengenakan pakaian warna-warni, ada pula naga dan barongsai beraneka warna yang meliuk-liuk mengikuti alunan musik.

"Model wayang berwarna dari bahan plastik ini ternyata mendapat respons positif dari penonton," kata Abdul Latif Apriaman.

Pertunjukan Roah Ampenan yang menyedot perhatian pengunjung Pantai Ampenan malam itu diakhiri dengan menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh para penonton wayang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com