Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Video dan Dokumen Papua Merdeka, Hery Diamankan Polisi Jayapura

Kompas.com - 11/08/2016, 15:44 WIB
Fabio Maria Lopes Costa

Penulis

Kompas TV Unjuk Rasa Papua Merdeka Berlangsung Ricuh

JAYAPURA, KOMPAS.com - Seorang pemuda bernama Hery Herman Erari diamankan aparat kepolisian di Pintu Pemeriksaan Tiket Pelabuhan Jayapura pada Kamis (11/8/2016) siang. Pria berusia 34 tahun ini diamankan karena kedapatan membawa puluhan kepingan VCD dan dokumen yang berisi mengenai Papua merdeka serta United Liberatioan Movement for West Papua.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Polsek Kawasan Pelabuhan Laut (KPL) Jayapura, Hery diamankan dalam razia ketika hendak menaiki Kapal Motor Labobar pada pukul 10.45 WIT. Razia dipimpin langsung Kapolsek KPL Jayapura AKP Abraham Soumilena.

Dalam pemeriksaan dua tas punggung yang dibawa Hery, aparat menemukan 67 keping VCD, satu flashdisk, empat buah kaos berwarna putih dan satu kaos berwarna biru dengan gambar bintang kejora yang bertuliskan Free West Papua, dan sejumlah buku serta dokumen tentang ULMWP.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Patrige Renwarin ketika dikonfirmasi membenarkan penangkapan Hery di Pelabuhan Jayapura.

"Seluruh barang bukti yang ditemukan aparat berisi tentang video dan foto terkait pertemuan organisasi MSG atau perkumpulan negara melanesia di negara Kepulauan Solomon dan serta dokumen perjuangan ULMWP," kata Patrige.

Patrige menuturkan, dalam pemeriksaan awal, Hery mengaku semua VCD dan dokumen didapatkan dari temannya.

"Hery tak mengetahui identitas orang yang memberikannya VCD dan dokumen tersebut. Rencananya, ia hendak membawa barang-barang itu ke Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, untuk dijual guna menggalang dana,'" tutur Patrige.

Ia menambahkan, pelaku beserta barang bukti telah diserahkan ke Satuan Intelkam Polres Kota Jayapura guna penyelidikan lebih lanjut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com