Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokumen TKW yang Tewas Gantung Diri di Malaysia Dipalsukan

Kompas.com - 16/07/2016, 08:58 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Nusa Tenggara Timur Tato Tirang mengatakan, semua dokumen milik Melinda Sapay (19), tenaga kerja wanita yang diduga tewas gantung diri di rumah majikannya di Malaysia, semuanya palsu.

"Nama Melinda Sapay itu nama palsu. Nama sebenarnya Yufrinda Selan, umur 19 tahun, dari Desa Tupen, Kecamatan Batu Putih, Timor Tengah Selatan," kata Tirang kepada Kompas.com, Jumat (15/7/2016) malam.

Selain nama yang dipalsukan, alamat dan tahun kelahiran TKW tersebut juga direkayasa. Korban sebetulnya beralamat di Desa Tupan, Kecamatan Batu Putih, Timor Tengah Selatan. Di dalam KTP dan paspor, korban beralamat di Desa Camplong, Kecamatan Fafuleu, Kabupaten Kupang, NTT. Korban lahir pada tahun 1997, tetapi diubah menjadi 1994.

Tirang mengatakan, berdasarkan keterangan yang tertulis di dalam paspor, Yufrinda berangkat ke Malaysia pada September 2015.

Kemarin, staf BP3TKI berada di rumah duka untuk menyaksikan pembukaan peti jenasah atas permintaan keluarga yang ingin menyaksikan kondisi jasad Yufrinda.

TKW tersebut diduga tewas gantung diri di rumah majikannya di Malaysia. Korban ditemukan terikat pada tali saat kondisi rumah kosong.

(Baca juga TKW Asal NTT Diduga Tewas Gantung Diri di Malaysia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com