Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiba di Terminal Ubung Denpasar, Penduduk Pendatang Didata

Kompas.com - 11/07/2016, 15:26 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Pada hari pertama kerja setelah libur Lebaran, Senin (11/7/2016), Pemerintah Kota Denpasar melakukan pendataan penduduk pendatang yang tiba di Terminal Ubung Denpasar.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Denpasar, Nyoman Gede Narendra menyampaikan bahwa penertiban penduduk pendatang ini merupakan agenda rutin pada arus balik Lebaran.

"Semua penduduk pendatang yang tidak memiliki kartu identitas akan didata dan di tindak lanjuti berdasarkan Perda(Peraturan Daerah). Di sini tidak ada maksud diskriminasi dan murni merupakan pendataan penduduk yang masuk ke kota Denpasar untuk menciptakan tertib administrasi," kata Nyoman Gede Narendra, Denpasar, Senin (11/7/2016).

Penertiban dilakukan dari pukul 06.00-10.00 Wita ini diperoleh hasil jaringan penduduk pendatang yang baru turun dari bus yang datang dari Pulau Jawa.

Dari 31 bus, penumpang berjumlah 981orang. Dari jumlah tersebut yang membawa KTP luar Bali sebanyak 353 orang, 1 orang tidak membawa KTP dan 2 orang KTP nya sudah tidak aktif lagi.

"Penertiban ini tidak hanya dilakukan saat Hari Raya Lebaran saja, namun sudah menjadikan penertiban penduduk pendatang sebagai agenda rutin," tambahnya.

Agenda rutin biasanya mendasar ke tempat-tempat kos atau kontrakan yang dihuni oleh penduduk pendatang. Pengelola tepat tinggal atau pemilik kos-kosan diharapkan selektif dan tertib aturan yang diberlakukan di kota Denpasar. (

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com