Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fransiska Ikut Naik Heli TNI karena Diajak Pacarnya yang Jadi Awak

Kompas.com - 10/07/2016, 07:03 WIB

KARANGANYAR, KOMPAS.com - Seorang warga sipil bernama Fransiska Nila Agustin turut menjadi korban tewas jatuhnya helikopter jenis Bell 205 A-1 milik TNI AD di Kalasan, Sleman, DIY, Jumat (8/7/2016) sore.

Fransiska bisa naik ke helikopter TNI yang sedang bertugas itu karena diajak oleh pacarnya yang merupakan salah seorang awak helikopter tersebut, yakni Serka Rohmat.

"Serka Rohmat (pacar Franciska, Red) adalah anggota TNI AD dari Skadron 11/Serbu," seorang tetangga Fransisca yang enggan disebutkan namanya di rumah duka di Dusun Serangan RT 01 RW 01, Desa Blulukan, Colomadu, Karanganyar, Jumat malam.

Fransisca yang sehari-hari bekerja sebagai bidan di sebuah klinik di Surakarta ini lahir dalam keluarga yang bekerja di lingkungan TNI.

Ayahnya, Sri Marjono, adalah pensiunan PNS TNI AU, sedangkan kakaknya, Kharisma Adi Candra, merupakan anggota TNI AU yang bertugas di Lanud Rembiga, Mataram, NTB.

Ketua RT 01 RW 01 Serangan, Jimanto, mengaku kaget ketika mendengar kabar meninggalnya Fransisca. Dia tak menyangka bahwa Fransisca

"Setahu saya kan kerja di klinik, kenapa bisa meninggal di helikopter militer," kata dia.

Menurut Jimanto, putri kedua dari tiga bersaudara itu adalah sosok yang baik serta supel. Almarhum selalu ikut kegiatan di tempat tinggalnya.

(Baca juga: Tetangga Kaget Fransisca Jadi Korban Helikopter Jatuh di Sleman)

Informasi lain menyebutkan, sebelum tewas dalam kecelakaan helikopter di Kalasan, Fransisca Nila Agustin sempat pamit ayahnya.

Dia pamit akan pergi ke Yogyakarta menumpang helikopter dari Lanud Adi Soemarmo, Boyolali. Tak disangka perjalanan udara tersebut merupakan akhir dari perjalanan hidupnya.

Fransiska juga sempat bercerita kepada salah satu pamannya bahwa dia berencana akan menikah seusai Lebaran, tepatnya pada Agustus mendatang.

Di rumah duka, ibu kandung Fransiska, Sriwidati, terus menangis di samping peti jenazah putri keduanya. Sriwidati masih tidak percaya putrinya pergi begitu cepat.

Sebelumnya diberitakan bahwa helikopter milik TNI AD terjatuh pada Jumat sekitar pukul 15.00 WIB di Dusun koang RT 01 / RW 01, Kelurahan Tamanmartani, Kalasan Sleman, Yogyakarta.

Atas kejadian tersebut, dua rumah warga mengalami kerusakan. Dalam peristiwa ini, tiga orang tewas, yakni Letda Cpn Angga Juang (Pnb II), Serda Sirait (AV), dan Fransiska Agustin (sipil).

Sementara itu, tiga orang lainnya mengalami luka-luka. Mereka adalah Kapten Cpn Titus Benediktus Sinaga (Pnb I), Serka Rohmad (TI), dan Kopda Sukoco (mekanik).

 

Berita ini telah tayang di Tribunsolo.com, Sabtu (9/7/2016), dengan judul: Fransisca Agustin Bisa Menumpang Helikopter Karena Pacarnya Awak Pesawat Itu

Kompas TV Jenazah Fransiska Korban Heli Jatuh Dimakamkan

, Jumat (8/7/2016) malam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com