Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Balik di Jawa Barat Diprediksi Minggu

Kompas.com - 09/07/2016, 09:07 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Dwimawan Heru Santoso, AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, memperkirakan, puncak arus balik di Jawa Barat (Jabar) terjadi pada Minggu (10/7/2016), terutama kendaraan pemudik menuju Jakarta via Tol Jakarta - Cikampek (Japek), Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan Tol Jakarta - Tangerang.

Dwimawan menjelaskan, pada puncak arus balik, lonjakan kendaraan diperkirakan masuk dari jalur utara, tengah, selatan dan barat akan melintasi Gerbang Tol (GT) Cimanggis Utama - Tol Jagorawi sebanyak 81.000 lebih, sedangkan yang melintasi GT Karang Tengah Tol Jakarta-Tangerang sebanyak 99.000 lebih.

"Lonjakan signifikan terjadi di GT Cikarang Utama - Tol Japek yakni sebanyak 115.000 lebih atau meningkat 52,05 persen kendaraan dibanding volume lalu lintas harian," ujar Dwimawan dalam rilis PT Jasa Marga yang diterima Tribun, Jumat (8/7/2016).

Khusus mengantisipasi kepadatan di Tol Japek tepatnya antrean kendaraan di GT Cikarang Utama, pihaknya telah membuat sejumlah antisipasi. Di antaranya, melakukan buka tutup tempat istirahat di ruas Tol Japek tepatnya di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) 62B, Tempat Istirahat (TI), 52B, TIP 42B dan TI ruas Tol Purbaleunyi TIP 97B.

"Lalu pengaturan lalu lintas di GT Cikarang Utama 2 dan 3 dengan mengarahkan kendaraan keluar GT Cikarang Barat 2 kemudian masuk menuju Jakarta melalui GT Cikarang Barat," ujarnya.

Selain itu, antisipasi kepadatan dengan contra flow di Tol Japek juga akan dilakukan dengan berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

"Contra flow di sekitar TI KM 68+000 sampai dengan 50+000 dan km 44+800 hingga 39+000 Jalur B atau arah Jakarta," ujar dia.

Berhubung Tol Japek ini merupakan muara kendaraan dari Tol Purbaleunyi dan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait hal itu.

"Pengaturan lalu lintas kendaraan di km 66 yang merupakan pertemuan arus dari Purbaleunyi dan arus dari Cikampek," ujarnya.

Jasa Marga, kata dia, mengimbau masyarakat agar tetap hati-hati dan bisa mengakses jalur alternatif di luar tol. Termasuk, menyarankan pemudik untuk menggunakan e-toll card sebagai alat pembayaran.

"Gunakan jalur alternatif dan pastikan perbekalan makanan dan BBM cukup karena Tempat Istirahat dan Pelayanan (TI/TIP) akan diberlakukan buka tutup," ujarnya.

Berita ini sudah tayang di Tribun Jabar online, Jumat 8 Juli 2016 dengan judul Puncak Arus Balik Diperkirakan Terjadi Minggu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com