Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pecalang Ikut Amankan Shalat Id di Denpasar

Kompas.com - 06/07/2016, 10:04 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Sejumlah "Pecalang" (petugas keamanan adat) dan pemuda-pemudi dari Banjar Lumintang, Desa Dauh Puri Kaja, ikut mengamankan pelaksanaan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriah, di Lapangan Niti Praja Lumintang, Denpasar, Bali, Rabu (6/7/2016).

"Dalam pengamanan ini, bertujuan sebagai wujud rasa solidaritas antara umat beragama di Pulau Dewata sebagai wujud rasa tenggang rasa dan saling menghargai umat beragama lain melaksanakan ibadah," kata Wakil Koordinator Pecalang Banjar Lumintang, Kadek Sutarka, di Denpasar, seperti dikutip Antara.

Untuk jumlah petugas pecalang yang dikerahkan dalam pegamanan shalat Idul Fitri itu, jelas dia, kurang lebih sebanyak sepuluh orang dan sepuluh orang pemuda-pemudi.

Ia mengatakan, untuk tugas pecalang yang dikerahkan dalam shalat Idul Fitri itu hanya melakukan pemantauan wilayah, pengamanan parkir dan kelancaran berlalu lintas.

"Upaya ini sebagai bentuk kepedulian kami yang ingin membantu kelancaran umat Muslim melaksanakan ibadah shalat Idul Fitri di Lapangan Lumintang agar pelaksanaan berjalan lancar," ujarnya.

Pihaknya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada masyarakat Muslim yang merayakan hari kemenangannya.

"Saya mengharapkan, toleransi antarumat beragama ini dapat terus terjalin dengan baik di Pulau Dewata," katanya.

Kompas TV Perajin Beduk Jepara Kebanjiran Pesanan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com