Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senin Malam, Lalu Lintas di Brebes Masih Bergerak Lambat

Kompas.com - 04/07/2016, 19:50 WIB

BREBES, KOMPAS.com - Hingga Senin (4/7/2016) sore, kemacetan lalu lintas kendaraan di jalur pantai utara Brebes dan ruas tol Pejagan-Brebes Timur masih padat meskipun tidak sepadat satu hari sebelumnya.

Kepala Unit Patroli Satuan Lalu Lintas Polres Brebes Iptu Suroto mengatakan, dua hari sebelum Idul Fitri 1437 Hijriah, jalur mudik di wilayah Kabupaten Brebes, baik di utara, tengah, dan selatan, tergolong ramai lancar cenderung padat merayap.

Petugas pengatur lalu lintas ditempatkan di simpul-simpul kemacetan untuk membantu mengatur arus kendaraan.

"Mulai dari jalur pantura Losari-Tanjung-Bulakamba-Wanasari-Brebes Kota kita terapkan contra flow," kata Suroto seperti dikutip Tribun Jateng.

Ia memprediksi bahwa volume kendaraan yang masuk dari arah barat melalui jalur utara, tengah, dan selatan masih akan terus bertambah hingga malam nanti. Namun demikian, seluruh jalur mudik yang ada di Brebes sudah padat.

Kondisi lalu lintas di jalur utara Cirebon-Brebes, tol Kanci-Brebes Timur maupun jalur tengah Ketanggungan-Margasari, jalur alternatif Ciledug-Ketanggungan, dan Ketanggungan-Jatibarang-Slawi saat ini padat.

"Semua jalur tersebut saat ini masih padat merayap. Tapi laju kendaraan tidak stagnan dan masih bisa bergerak," kata Suroto.

Sementara itu, Jibril (54), pemudik asal Jakarta tujuan Yogyakarta, mengatakan bahwa kepadatan volume kendaraan sudah terjadi sejak masuk wilayah Cirebon, Jawa Barat, hingga Pejagan, Brebes. Mulai keluar tol Pejagan hingga Larangan juga padat merayap.

"Masih macet dari tol Kanci-Pejagan-Larangan, tapi kendaraan masih bisa bergerak meskipun perlahan," kata Jibril.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Irman (45), pemudik asal Bandung, Jawa Barat, dengan tujuan Salatiga. Ia mengatakan, kondisi jalur pantura dari Cirebon-Brebes dalam kondisi ramai lancar dan di beberapa simpang tiga tersendat.

"Tadi masuk Cirebon sampai ke Brebes Kota alhamdullilah arus lalu lintas bisa jalan meskipun perlahan. Tadi macet di simpang tiga karena banyaknya kendaraan yang akan memotong jalan dan harus bergantian," kata Irman.

Dari Cirebon hingga masuk ke Brebes Kota, Irman membutuhkan waktu sekitar 10 jam perjalanan. (Fajar Eko Nugroho/Tribun Jateng)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com