Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Penumpang Padati Bandara Kualanamu dan Pelabuhan Belawan

Kompas.com - 04/07/2016, 17:04 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Sebanyak 30.000 penumpang pesawat setiap hari menyesaki Kuala Namu Internasional Airport (KNIA), Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Peningkatan jumlah penumpang ini sudah terjadi sejak enam hari sebelum perayaan Idul Fitri 137 Hijriah. Jumlah tersebut naik 26 persen dari tahun lalu, yakni sekitar 22.000 penumpang pada hari yang sama.

"Dengan adanya pergerakan penumpang menggunakan moda pesawat, sisi positifnya bandara kita berarti sudah lebih baik," kata Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, Senin (4/7/2016).

Untuk sistem keamanan bandara, Erry mengatakan bahwa bandara melakukan tiga kali pemeriksaan x-ray mulai dari pintu masuk sampai pintu menjelang keberangkatan.

Dari peninjauan hari ini, Erry menilai bahwa kondisi bandara sudah lebih baik. Kepada otoritas bandara, ia menyampaikan agar dapat mengatur frekuensi penumpang dengan baik.

"Karena banyaknya pemeriksaan, tentu akan membuat kemacetan panjang. Makanya harus diperhatikan, apalagi jumlah penumpang sudah pasti akan terus meningkat dan puncaknya bisa pada H-3 dan H-2," ucap Erry didampingi Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Anthony Siahaan.

Pemeriksaan kesehatan dan tes urine juga dilakukan bekerja sama dengan Badan Nasional Narkotika terhadap awak dan kru pesawat di Bandara Kualanamu.

Sampai hari ini, petugas pemeriksa belum mendapatkan laporan adanya kru dan pilot yang terindikasi narkoba.

Berdasarkan data statistik Dinas Perhubungan dan Dirlantas Sumut, jumlah arus mudik yang menggunakan jalan darat terus meningkat setiap tahun.

Erry mengimbau agar masyarakat menggunakan moda transportasi lain, seperti kereta api atau kapal laut. Menurut dia, perjalanan melalui dua moda itu akan lebih nyaman dan terhindar dari kemacetan dibanding menggunakan jalur darat.

Ia mengatakan bahwa Pelabuhan Belawan sudah jauh lebih baik dibanding tahun lalu karena dilengkapi sistem elektronik.

Di pelabuhan ini, 2.426 penumpang asal Tanjung Balai Karimun Batam tiba Medan menumpang Kapal Kelud.

Sementara itu, Fiona Sari Utami dari Humas Pelindo I mengatakan bahwa mulai Minggu (3/7/2016) kemarin, peningkatan penumpang kapal laut terus bertambah.

"Tanggal 1, 3 dan 5 adalah puncak arus mudik di Pelabuhan Bandar Deli. Kalau kemarin 2.400-an penumpang, hari ini sudah lebih banyak lagi," kata Fiona.

Personel siaga

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com