Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Safari Ramadhan, Hari Tanoe Kunjungi Makam Sunan Giri

Kompas.com - 19/06/2016, 14:04 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Pendairi Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Bambang Hary Iswanto Tanoesoedibjo atau yang biasa dikenal dengan sebutan Hary Tanoe menggelar safari Ramadhan dengan mengunjungi beberapa destinasi wisata relijius di Pulau Jawa.

Hary Tanoe berziarah ke makam para Wali Songo, salah satunya Ainul Yaqin atau yang biasa dikenal masyarakat dengan sebutan Sunan Giri di Gresik, Jawa Timur pada Minggu (19/6/2016).

Hary berziarah ke makam Sunan Giri didampingi pengurus Perindo Gresik. Sebelumnya, Hary Tanoe beserta rombongan menyempatkan diri mengunjungi makam Sunan Ampel yang ada di Surabaya.

“Tidak ada maksud apa-apa. Kedatangan saya kali ini murni karena saya ingin mengunjungi dan melihat secara langsung makam-makam para Wali Songo yang cukup mempunyai peran penting dalam menyiarkan agama Islam di Indonesia,” tutur Hary Tanoe, Minggu (19/6/2016).

Rombongan Hary Tanoe yang menumpang mobil Hummer dengan kawalan ketat Patwal memang tidak mengagendakan acara politik di Gresik. Sebab, begitu datang, Hary Tanoe dan rombongan langsung menuju pendopo makam Sunan Giri, serta bergegas meninggalkan area setelah melakukan doa dan ziarah kubur.

“Tadi dari Surabaya dulu, baru ke Gresik, dan selanjutnya akan menuju Lamongan serta Tuban. Kemudian, perjalanan akan terus berlanjut sampai Cirebon, untuk melihat dan mengunjungi makam-makam para Wali Songo hingga komplet,” terangnya.

Namun, sebelum meninggalkan kompleks makam Sunan Giri, CEO MNC Corporation dan Global Mediacom ini tetap menyempatkan diri sesaat berfoto bersama dengan para pengurus Perindo Cabang Gresik, maupun para pengunjung di makam Sunan Giri. Hanya saja, ia enggan menjawab pertanyaan wartawan seputar isu politik.

“Setelah ini, kami akan langsung ke Lamongan untuk berziarah ke makam Sunan Drajat. Kemudian perjalanan akan dilanjutkan ke Tuban, untuk berziarah mengunjungi makam Sunan Bonang,” pungkasnya.

Hary Tanoe merupakan anak dari Ahmad Tanoesoedibjo yang pernah menjadi ketua Persatuan China Muslim se-Jawa Timur. Meskipun akhirnya mengambil jalan berbeda dari sang ayah, karena Hary Tanoe memeluk agama nasrani, ia tidak lantas menjauhi agama Islam.

Bahkan, Hary dikenal sangat dekat dengan tokoh dan ormas Islam di tanah air. Terutama dengan keluarga mantan Presiden RI (almarhum) KH Abdurahman Wahid, atau yang akrab disapa Gus Dur. Setiap tahun ia menyempatkan diri untuk berziarah ke makam Gus Dur yang berada di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com