Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor: UGM Sangat Kehilangan atas Kepergian Febi

Kompas.com - 12/05/2016, 22:20 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Rektor Universitas Gadjah Mada Dwikorita Karnawati berkunjung ke rumah duka almarhum Febi Kurnia Nuraisyah (19) di Batam, Kepulauan Riau, untuk menyampaikan rasa belasungkawa.

Dalam kunjungannya, Dwikorita bersama rombongan menyempatkan diri berdoa di pusara mahasiswi angkatan 2015 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UGM itu.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM Iwan Dwiprahasto, Dekan F-MIPA UGM Pekik Purwantoro, dan sejumlah pimpinan Fakultas F-MIPA UGM turut serta dalam kunjungan itu.

"Kami atas nama keluarga besar UGM menyampaikan keprihatinan yang mendalam dan berduka atas musibah yang terjadi pada Febi. UGM sangat kehilangan atas kepergian Febi," ujar Rektor UGM Dwikorita Karnawati dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis (12/5/2016).

Dwikorita mengungkapkan, sejak ada laporan hilangnya Febi, Dekanat Fakultas MIPA UGM berupaya aktif membantu Polda DIY hingga menemukan pelaku. UGM menghormati proses hukum dan berharap agar pelaku dapat dijatuhi hukuman yang setimpal.

Kepergian Febi merupakan kehilangan yang sangat besar bagi UGM. Menurut Dwikorita, Febi merupakan mahasiswa pandai, rajin, dan memiliki catatan akademik baik.

"Di mata dosen dan teman-temannya, Febi dikenal anak yang santun, tekun belajar, dan cerdas," kata dia.

Dekan F-MIPA UGM, Pekik Purwantoro, mengatakan, peristiwa yang menimpa Febi menjadi momentum bagi UGM untuk secara sistematis meningkatkan keamanan. Dengan demikian, keselamatan warga kampus terjamin, meskipun sebenarnya selama ini upaya preventif ataupun promotif telah dilakukan.

"Peristiwa ini menjadi pelajaran bersama dan dijadikan momentum untuk secara sistematis meningkatkan keamanan," ujarnya.

Dalam kunjungan itu, UGM menyampaikan bantuan duka kepada keluarga korban sebagai bentuk simpati. UGM juga telah membantu dan menanggung biaya pemulangan jenazah almarhum ke Batam.

Jenazah Febi ditemukan dalam toilet lantai 5 Gedung F0MIPA UGM pada Senin (2/5/2016) petang.

Setelah melakukan pemeriksaan terhadap saksi dan rekaman kamera CCTV, polisi mengamankan pelaku pembunuh Febi pada Selasa (3/5/2016).

Pelaku berinisial EAN (26), warga Wonokromo, Pleret, Bantul, merupakan pekerja outsourcing yang sehari-hari bertugas membersihkan Gedung S-2 dan S-3 F-MIPA UGM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com