Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Bonus dari Jokowi, Ridwan Kamil Ucapkan Alhamdulillah

Kompas.com - 15/04/2016, 14:31 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil senang karena Presiden Joko Widodo memutuskan bahwa dana pembangunan transportasi massal light rail transit di Bandung akan diambilkan dari dana anggaran pendapatan dan belanja negara.

Ridwan mengatakan, peraturan presiden (perpres) itu melebihi ekspektasinya. Semula, pembangunan LRT Kota Bandung akan dikerjakan oleh Pemkot Bandung menggunakan dana anggaran daerah. Proses lelangnya pun telah dilakukan.

"Tadinya perpres-nya, kami harapkan, konsorsium kereta cepat akan mengerjakan LRT. Ternyata oleh Pak Jokowi diberi bonus. Jadi, semua LRT Bandung akan dibangun oleh APBN. Alhamdulillah," kata Ridwan di Balai Kota Bandung, Jumat (15/4/2016).

Ia mengatakan, perpres soal pembangunan LRT akan disiapkan dalam waktu dekat. Pemerintah pusat akan menunjuk badan usaha milik negara untuk membuat detail engineering design (DED) dan pengerjaan proyek tersebut.

"Dengan target sama, pas kereta cepat selesai, minimal jalur yang ke Kota Bandung beres," kata pria yang kerap disapa Emil tersebut.

Ridwan memperkirakan, jalur Kota Bandung-Tegalluar, Kabupaten Bandung, akan dikerjakan lebih dulu untuk menunjang konektivitas kereta cepat.

"Tahap satu yang ke Kota Bandung dulu, tetapi semuanya yang nanti ke Jatinangor ke Soreang juga akan dibiayai APBN. Pengerjaannya duluan karena urgensinya kereta cepat, maka yang menghubungkan Tegalluar, Gedebage, sampai ke pusat kota," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com