Ini Tradisi Tutup Pintu di Kelenteng Liong Hiok Bio di Magelang

Kompas.com - 08/02/2016, 17:14 WIB
Umat Tri Dharma Kota Magelang menggelat tradisi Tutup Buka Klenteng Liong Hok Bio untuk menyambut Imlek 2567/2016. Kompas.com/Ika FitrianaUmat Tri Dharma Kota Magelang menggelat tradisi Tutup Buka Klenteng Liong Hok Bio untuk menyambut Imlek 2567/2016.
|
EditorFidel Ali

MAGELANG, KOMPAS.com — Ritual tutup buka pintu kelenteng sudah menjadi tradisi umat Tri Dharma Kota Magelang setiap memasuki Tahun Baru Imlek.

Tradisi ini dilakukan oleh segenap umat dan pengurus Tempat Ibadat Tri Dharma (TTID) Kelenteng Liong Hiok Bio tepat pukul 00.00 WIB, Senin (8/2/2016).

Prosesi diawali dengan doa bersama, kemudian bunyi lonceng dan tambur saling bersahutan sebagai penanda bahwa tahun telah berganti.

Pengurus Harian TTID Kelenteng Liong Hiok Bio, Paul Candra Wesi Aji, menjelaskan, tradisi tutup buka pintu kelenteng merupakan salah satu agenda rutin umat Tri Dharma di Kota Magelang dalam menyambut Imlek.

"Tutup pintu kelenteng sebagai tanda tahun lama kita tutup, sedangkan buka pintu penanda bahwa kita telah membuka tahun yang baru," ujar Paul, Senin siang.

Paul menjelaskan, umat Tri Dharma senantiasa memanjatkan doa dan harapan pada tahun baru Imlek 2567 ini agar seluruh rakyat diberi kesuksesan dan kemakmuran.

Menurut Paul, dalam kalender China, tahun 2016 ditandai dengan shio kera api. Shio ini diprediksikan akan membawa kondisi bangsa lebih baik daripada tahun lalu dengan shio kambing.

"Perekonomian kita agak terpuruk. Semua usaha lesu hampir di segala bidang pada 2015 kemarin. Kita berharap, semoga tahun kera api ini dapat membawa kebaikan segala bidang," ungkapnya.

David Hermanjawa, salah satu umat TITD Kelenteng Liong Hiok Bio, juga optimistis bahwa tahun kera api akan memberikan motivasi dan semangat bagi umat untuk bekerja.

Hal tersebut sebagaimana karakter kera yang nakal tetapi lincah dan jujur, sedangkan api adalah simbol semangat.

"Tahun ini merupakan tahun motivasi dan bersemangat. Jika kita selalu semangat, pasti akan sukses," ucap David.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X