Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Dijadikan Destinasi Wisata, 7 Taman Makam Pahlawan Direnovasi

Kompas.com - 10/11/2015, 09:39 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Kementerian Sosial ingin menjadikan Taman Makam Pahlawan (TMP) sebagai destinasi tujuan wisata ziarah. Oleh karena itu, pada tahun ini, tujuh TMP di seluruh Indonesia akan direnovasi, antara lain TMP Kalibata Jakarta dan TMP Mayjend Sungkono Surabaya.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa tidak menyebut besarnya APBN yang digelontorkan untuk merenovasi tujuh TMP itu.

"Ini juga untuk menanamkan nilai-nilai mengingat perjuangan para pahlawan kepada masyarakat," katanya usai upacara Hari Pahlawan di Museum Tugu Pahlawan Surabaya, Selasa (10/11/2015).

Khofifah berharap tidak hanya ada makam dan taman di TMP, melainkan juga fasilitas lain, seperti film dokumenter, data sejarah, dan foto-foto sejarah untuk mengingatkan masyarakat kepada perjuangan para pahlawan.

Ide renovasi TMP itu, lanjutnya, datang setelah beberapa kali dirinya menerima tamu dari berbagai kalangan di TMP Kalibata Jakarta.

"Ternyata sebagian besar mereka tidak pernah masuk ke TMP Kalibata, bahkan mahasiswa juga tidak pernah tahu. Pintu masuk TMP saja mereka tidak tahu," ujar Khofifah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com