Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Aviastar yang Hilang Dibuat Tahun 1981

Kompas.com - 02/10/2015, 22:24 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pesawat Aviastar jenis Twin Otter rute Masamba-Ujungpandang diketahui hilang kontak, Jumat (2/10/2015). Manajemen mengatakan, pesawat tersebut tergolong sudah berumur.

"Pesawat ini buatan Kanada De Havilland pada tahun 1981," kata General Manager Commercial PT Aviastar Mandiri Petrus Budi di Kantor Aviastar, Jakarta Timur, Jumat.

Pesawat tersebut baru bergabung dengan Aviastar pada Januari 2015. Dari pertama bergabung, pesawat tersebut mengalami perawatan secara berkala. "Kita lakukan inspeksi kontrol. Terakhir itu pada 15 September yang lalu," kata Petrus.

Petrus melanjutkan, tiap harinya pesawat tersebut mendapat inspeksi kontrol. Sesuai prosedur, setelah terbang, juga dilakukan inspeksi. "Jadi, pesawat bisa dapat dikatakan dalam kondisi layak," kata Petrus.

Pesawat jenis Twin Otter milik maskapai Aviastar yang terbang dari Bandara Andi Djemma, Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan (MXB), ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan (UPG), dilaporkan hilang kontak, Jumat.

Pesawat bernomor registrasi PK-BRM dan bernomor penerbangan MV7503 itu lepas landas dari Masamba pada pukul 14.25 Wita. Komunikasi dengan kru pesawat itu terjadi 11 menit setelah pesawat lepas landas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com