Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma: Karakter Warga Surabaya Itu Keras, Tak Bisa Dilawan dengan Kekerasan

Kompas.com - 01/09/2015, 15:43 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com — Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini didaulat menjadi motivator dalam peringatan Hari Polwan di Mapolrestabes Surabaya, Selasa (1/9/2015). Orang nomor satu di Surabaya ini mengacungkan jempol untuk program Srikandi Polwan yang digelar oleh Polrestabes Surabaya.

Menurut dia, wajah Surabaya sudah berubah sejak Srikandi Polwan ikut mengatur lalu lintas. Sebelumnya, pengendara biasa saling serobot, tetapi sejak Srikandi Polwan turun ke jalan, pengendara lebih tertib.

"Karakter warga Surabaya itu keras, tidak bisa dilawan dengan kekerasan," kata Risma.

Mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Surabaya ini juga mencontohkan pembentukan Satpol PP perempuan. Menurut dia, banyak yang protes dan menolak gagasannya untuk membentuk Satpol PP perempuan.

Sebab, perempuan tidak cocok dengan tugas Satpol PP yang cenderung keras.

Namun, Risma memiliki pendapat berbeda soal Satpol PP dan tugasnya. Tugas utama Satpol PP adalah penegakan perda dan pelanggaran perda. Tentunya yang dihadapi Satpol PP juga warga Surabaya.

"Sekarang coba lihat. Komunikasi dengan warga bisa menyambung. Bahkan, banyak daerah lain yang meniru kebijakan ini," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com