Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sisa Potongan Tubuh Korban Trigana Dikirim Ke RS Bhayangkara

Kompas.com - 01/09/2015, 03:39 WIB
Kontributor Jayapura, Alfian Kartono

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Sejumlah potongan tubuh korban pesawat Trigana Air PK-YRN dikirim ke Rumah Sakit Bhayangkara, Senin (31/8/2015) siang. Potongan tubuh ini dikumpulkan oleh warga setempat setelah melakukan ritual adat di lokasi jatuhnya pesawat di Distrik Oksop, Kabupaten Pegunungan Bintang, Sabtu (29/8/2015) lalu.

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Papua, Kombes Patrige Renwarin, mengatakan bahwa potongan tubuh yang disimpan dalam box pendingin diangkut menggunakan pesawat Trigana Air dari Oksibil ke Rumah Sakit Bhayangkara.

Menurut Patrige, potongan jasad korban itu sebelumnya disemayamkan di Rumah Sakit Umum Oksibil sejak Sabtu (29/8/2015), setelah dilakukan serah terima dari Dewan Adat Aplim Aplom kepada Polres Pegunungan Bintang.

"Dari pengakuan ketua Dewan Adat Aplim Aplom, Marsel Sasaka kepada Kasat Reskrim Polres Pegunungan Bintang, bahwa pencarian jasad korban pesawat atas inisiatif dewan adat karena kejadian terjadi di wilayah adat mereka," jelas Patrige, Senin (31/8/2015).

Sebelumnya, jelas Patrige, sebanyak 54 warga setempat yang dipimpin Ketua Dewan Adat Aplim Aplom, Marsel Sasaka melakukan pencarian kerangka korban di daerah perbukitan di Distrik Oksop.

Patrige mengatakan, potongan kerangka ini nantinya akan diidentifikasi oleh tim DVI Polri di Rumah Sakit Bhayangkara. Dari total 54 korban pesawat naas ATR42 Trigana Air PK-YRN, sudah 27 di antaranya sudah teridentifikasi dan sudah diserahkan kepada pihak keluarga. Sementara 27 lainnya, proses identifikasi harus dilakukan dengan tes DNA yang hanya bisa dilakukan di Lab Forensik yang ada di Jakarta. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com