Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Visa Belum Jadi, Keberangkatan 60 Calhaj Asal Makassar Ditunda

Kompas.com - 21/08/2015, 11:32 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Gara-gara visa ke Arab Saudi belum diterima hingga Kamis (20/8/2015) malam, 60 calon jamaah haji asal Makassar terpaksa ditunda keberangkatannya. Mereka akan dimasukkan ke kloter berikutnya begitu visanya keluar.

"Ini adalah ibadah. Tidak perlu berkecil hati," kata Sekretaris Kota Makassar, Ibrahim Saleh, saat melepas rombongan Kamis malam.

Untuk mengisi kekosongan kursi 60 calon jamaah haji (calhaj) kloter I yang diberangkatkan Jumat (21/8/2015) pagi, panitia pelaksana ibadah haji (PPIH) Embarkasi Makassar menggantinya dengan calon haji lain yang sudah punya visa.

Total sebanyak 450 calhaj kloter pertama Embarkasi Makassar bertolak menuju Arab Saudi dari Bandara Sultan Hasanuddin, hari ini.

Saleh menjelaskan, sebenarnya pihaknya mendapatkan informasi dari Jakarta bahwa visa untuk 60 orang tersebut telah terbit. Namun, ditunggu hingga pukul 20.00 WIB, visa belum juga diterima di Makassar sehingga panitia memutuskan pemberangkatan ditunda.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan Wahab Thahir menyatakan masalah tersebut tidak hanya dialami calhaj asal Makassar tapi juga daerah lain. Hal tersebtu diduga karena kesalahan sistem pendaftaran elektronik.

"Daerah lain juga mengalami masalah serupa, ini mungkin disebabakan sistem e-haji," ujar dia saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com