Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Pesawat Trigana Air Ada yang Bawa Uang Rp 27 Miliar

Kompas.com - 17/08/2015, 23:34 WIB
Kontributor Jayapura, Alfian Kartono

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com — Pesawat Trigana Air PK-YRN yang mengalami kecelakaan di Distrik Okbape, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, Minggu (16/8/2015), mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit.

Sebelumnya, Kepala Kantor Pos Jayapura FX Haryono mengungkapkan, ada empat orang pegawai Kantor Pos yang menumpang pesawat Trigana dan membawa dana kompensasi BBM senilai Rp 6,5 miliar untuk diberikan kepada warga di delapan distrik. (Baca: Pesawat Trigana Air yang Jatuh di Papua Bawa Uang Rp 6,5 Miliar)

Kali ini, kembali terungkap informasi bahwa salah seorang penumpang membawa uang senilai Rp 27 miliar.

Corry Gasper, salah seorang keluarga penumpang Trigana Air PK-YRN di Bandara Sentani, Jayapura, mengungkapkan bahwa kakak kandungnya, John Gasper yang ikut dalam penerbangan, membawa uang tunai senilai Rp 27 miliar.

Corry menjelaskan, John yang bekerja di Humas DPRD Pegunungan Bintang diminta oleh pimpinannya untuk membawa uang tunai didampingi lima orang kepala kampung dari Jayapura menuju Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang. Rencananya, uang tersebut akan dipakai untuk perayaan HUT Kemerdekaan di Kabupaten Pegunungan Bintang.

“Dia (John) sebenarnya baru saja mengikuti kegiatan dinas di Padang, Sumatera Barat. Tetapi, setelah tiba di Jayapura, dia diminta pimpinannya untuk mengantar uang ke Oksibil bersama lima orang kepala kampung,” kata Corry saat ditemui di halaman kantor Bandara Sentani Jayapura, Senin (17/8/2015).

Dijelaskan Corry, uang tersebut disimpan dalam dus dan dibawa bersama lima kepala kampung yang ikut pesawat Trigana Air. Ia mengaku sempat mengantar adiknya ke Bandara Sentani, Minggu kemarin.

Pesawat Trigana Air dengan nomor registrasi PK-YRN hilang kontak dalam penerbangan dari Bandara Sentani Jayapura menuju Bandara Oksibil Pegunungan Bintang, Minggu (16/8/2015), dengan kontak terakhir sekitar pukul 14.55 WIT. Belakangan pesawat jenis ATR 42 yang mengangkut 49 penumpang dan 5 kru diketahui mengalami kecelakaan sekitar 7 nautical mile dari Bandara Oksibil. (Baca: Trigana Air: Pesawat Sudah Ditemukan dalam Kondisi Hancur)

Hingga kini, tim SAR Gabungan masih berusaha mencapai lokasi jatuhnya pesawat naas tersebut yang berada di daerah perbukitan pada ketinggian 8.300 kaki. (Baca juga: Basarnas Rilis Foto Puing-puing Pesawat Trigana Air)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com