Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-kerusuhan, Kapolda Papua dan Pangdam Gelar Rapat di Karubaga

Kompas.com - 18/07/2015, 10:38 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com
 — Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Yotje Mende dan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Fransen G Siahaan menggelar rapat di Karubaga, Kabupaten Tolikara, Sabtu (18/7/2015) pagi, pasca-kerusuhan di kawasan itu.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Letkol Inf Teguh PR mengatakan, rapat tersebut digelar di salah satu gedung yang ada di daerah itu.

"Rapat baru saja dimulai dihadiri bupati dan kapolres Tolikara, dandim Jayawijaya, para dansat, ketua DPRD dan para pemuka agama, tokoh adat dan pemuda," katanya melalui telepon seluler, Sabtu pagi.

Dia menegaskan, rapat tersebut membahas langkah-langkah yang akan diambil selanjutnya untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi pada Jumat pagi.

"Termasuk mencari tahu titik persoalan awal yang menjadi pemicu persoalan pada Jumat pagi," katanya.

Sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Yotje Mende dan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Fransen G Siahaan mengunjungi Karubaga, ibu kota Kabupaten Tolikara, dengan menggunakan pesawat, Sabtu pagi, pasca-kerusuhan yang melanda kawasan itu.

Kerusuhan di ibu kota Kabupaten Tiom itu terjadi pada Jumat (17/7/2015) sekitar pukul 07.00 WIT, saat umat Muslim melaksanakan shalat Id di kawasan tersebut.

Sekelompok warga melakukan penyerangan dan membakar puluhan kios dan merembet ke tempat ibadah yang ada di lokasi tersebut. Tercatat 70 kios atau warung milik warga setempat hangus terbakar pada kerusuhan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com