Tempat Karaoke Ditutup, Pengusaha Hiburan Bentuk Pam Swakarsa

Kompas.com - 16/06/2015, 16:39 WIB
|
EditorCaroline Damanik
SEMARANG, KOMPAS.com — Sejumlah pengusaha hiburan dan masyarakat Bandungan membentuk tim pengamanan masyarakat swakarsa (pam swakarsa) setelah sepakat untuk menutup usahanya selama Ramadhan, sesuai imbauan dalam surat edaran Bupati Semarang.

"Kami masyarakat Bandungan dan pengusaha karaoke sepakat untuk mengawal agar Ramadhan berjalan kondusif dan khusyuk. Kami akan menutup satu bulan penuh operasional (tempat) karaoke sesuai edaran Bupati," ungkap perwakilan Humas Asosiasi Pengusaha Karaoke Bandungan (AKRAB), Ibo Bawono, Selasa (16/6/2015).

Pembentukan pam swakarsa bertujuan untuk memonitor kondisi di Bandungan dan meminimalisasi prostitusi terselubung sebagai dampak ditutupnya tempat hiburan.

"Pam swakarsa akan langsung bekerja memantau kondisi serta mencari fakta-fakta di lapangan seperti apa. Apakah juga masih ada tempat karaoke yang buka dan apakah masih ada praktik prostitusi terselubung atau tidak," ujar Ibo.


Menurut dia, penutupan tempat hiburan, seperti tempat karaoke, tanpa ada pengawasan ketat di hotel-hotel, akan menambah masalah baru, yakni bisnis prostitusi terselubung. Pasalnya, berdasarkan pengalaman tahun lalu, banyak pemandu karaoke (PK) yang akhirnya eksodus di hotel-hotel untuk melayani tamu hotel.

"Kami khawatir para PK itu justru ditampung pengusaha hotel atau penyelenggara prostitusi yang mengambil kesempatan ini. Jadi, kami meminta Pemkab Semarang untuk lebih ketat dalam pengawasan, terutama pada hotel-hotel. Hotel yang memanfaatkan situasi harus ditegur atau ditindak tegas," imbuhnya.

Sebelumnya, Bupati Semarang Mundjirin mengatakan, dia per 1 Juni 2015 telah mengeluarkan surat edaran mengenai larangan operasional tempat hiburan, seperti tempat karaoke, dan larangan praktik prostitusi selama bulan Ramadhan.

Selain itu, dia juga mengimbau sejumlah pemilik restoran dan warung makan untuk tidak vulgar mempertontonkan makanan yang disajikan.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X