Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Bali, Keluarga Angeline Tinggal di Rumah Bedeng

Kompas.com - 15/06/2015, 12:13 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BALI, KOMPAS.com - Hamidah dengan mengenakan jaket tipis miliknya duduk di depan rumah bedeng tempat tinggal kerabatnya di wilayah Denpasar Barat. Rumah bedeng tersebut menyatu dengan area penimbunan pasir dan kerikil yang ditinggali oleh beberapa keluarga yang bekerja di sana.

Saat itu ia sedang menunggu petugas untuk membawanya menjalani pemeriksaan terkait tewasnya Angeline. Kepada Kompas.com Minggu (14/6/2015) Hamidah mengaku sangat terpukul dengan tewasnya anak keduanya.

"Saya tidak berniat sama sekali untuk memberikan Angeline kepada siapapun. Keadaan yang memaksa saya untuk merelakan dia diasuh oleh orang lain. Seandainya saat itu kami memiliki uang untuk membayar biaya kelahiran anak saya," kata Hamidah dengan mata sayu.

Ia mengaku tidak memberitahukan kehamilannya yang kedua kepada saudara yang ada di Bali atau pun di Banyuwangi karena tidak ingin merepotkan.  "Saya sungkan merepotkan keluarga. Apalagi anak saya yang pertama ikut keluarga suami saya yang pertama," kata perempuan kelahiran 6 November 1987 tersebut.

Anak ketujuh dari sembilan beraudara tersebut mengaku pertama kali berangkat ke Bali pada tahun 2001 dan bekerja di salah satu warung milik kerabatnya. Lalu ia menikah pada tahun 2005 dengan Rosidiq warga Gombeng Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi.

"Keadaan kami memang tidak punya apa-apa. Suami bekerja sebagai buruh dan kami tinggal di Bali serta menitipkan Inna anak saya yang pertama di Banyuwangi," tuturnya.

Saat hamil anak keduanya, dia sama sekali tidak ada niat untuk memberikan kepada orang lain. Sebelumnya ia juga tidak pernah mengenal Margriet.

Ia baru mengenal setelah suaminya mengenalkan Margriet sebagai orang yang akan mengadopsi anak keduanya. "Suami saya katanya kenal dari temannya. Ibu itu yang akan membayar biaya persalinan saya," ujar perempuan berambut lurus tersebut.

Untuk masalah surat perjanjian dengan Margriet ia mengaku tidak begitu memahaminya. Yang ia ingat hanyalah tidak boleh menemui Angeline hingga usia 18 tahun.

"Selama 18 tahun saya sebagai ibu kandungnya selalu ingat sama dia. Jangankan tahu wajahnya saat dewasa. Namanya saja saya juga baru tahu setelah ia dikabarkan hilang," katanya sambil menghela nafas.

Menjadi TKW di Malaysia

Amar, kakak kedua Hamidah bercerita bahwa keluarga besarnya sama sekali tidak tahu kehamilan kedua adiknya. Ia hanya dikabari jika adiknya sudah melahirkan di Bali dan anaknya sudah diadopsi.

"Setelah melahirkan anak keduanya, Hamidah menjadi TKW ke Malaysia. Saya sering kontak sama dia karena saya juga kerja di Malaysia. Dia di Kuala Lumpur," kata lelaki yang juga tinggal di Bali tersebut.

Selama dua tahun dia Malaysia, Hamidah beberapa kali mengirimkan uang kepada anak pertamanya yang diasuh keluarga ayah kandungnya. Setelah dua tahun di Malaysia, Hamidah kembali ke suaminya dan hamil anak ketiga.

"Rumah tangga mereka memang tidak harmonis sehingga mereka memutuskan untuk berpisah setelah kelahiran anak ketiga Aisyah yang sekarang diasuh ibu saya di Glenmore Banyuwangi," kata Amar.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com