Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenazah Eri Berhasil Diangkat ke Bibir Kawah Jelang Tengah Hari

Kompas.com - 19/05/2015, 14:28 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

BOYOLALI, KOMPAS.com — Tim relawan dan SAR gabungan di Boyolali menjelang tengah hari atau tepatnya pada pukul 11.41 WIB, Selasa (19/5/2015), berhasil mengangkat jenazah Eri Yunanto (21) dari bibir kawah Gunung Merapi.

Relawan pun sudah melampaui titik kritis proses pengangkatan jenazah pendaki asal Yogyakarta tersebut. Berdasarkan keterangan staf Search Mission Commander, Irwan Santosa, jenazah Eri berada di bibir kawah dan tim sedang melakukan persiapan untuk memindahkan jenazah ke posisi yang lebih aman. Selanjutnya, tim akan membawa jasad Eri ke bawah. "Posisi jenazah saat ini sudah di bibir kawah, sekitar pukul 11.41 WIB," kata dia.

Proses pengangkatan jenazah dilakukan dengan teknik vertical rescue yang memakan waktu kurang lebih dua jam. Penarikan ke atas dimulai sekitar pukul 09.45 dengan posisi 50 meter di atas kawah.

"Ini sudah melampaui titik kritis dan kita fokus untuk membawa ke bawah," kata Suwignyo, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi Sektor Selo, Boyolali, Jawa Tengah.

Untuk membawa jenazah ke bawah, menurut Suwigyo, prosesnya akan dilakukan secara estafet dari pos ke pos. Belum dipastikan kapan jenazah Eri akan tiba. "Tergantung cuaca dan kondisi relawan," kata dia.

Pengangkatan jenazah Eri, mahasiswa Atmajaya Yogyakarta, melibatkan tim SAR gabungan dari Klaten, Boyolali, Yogyakarta, Basarnas, dan relawan. Sudah empat hari ratusan relawan melakukan proses tersebut. Sebelumnya diberitakan, Eri terperosok dari bibir kawah pada hari Sabtu (16/5/2015) seusai berfoto di puncak Merapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com