Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Aksi Pemanasan Buruh, Gedung Grahadi Diamankan

Kompas.com - 30/04/2015, 12:56 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Ribuan buruh dijadwalkan menggelar aksi pemanasan sehari menjelang May Day, Kamis (30/4/2015), ke sejumlah lokasi di Surabaya. Ribuan polisi pun mulai disebar untuk melakukan pengamanan.

Berdasarkan pantauan di Jalan Gubernur Suryo, di depan gedung negara Grahadi, sejak pagi sudah dipasang kawat berduri yang mengitari pagar dan pintu gerbang utama. Tidak jauh dari situ, dua unit mobil water canon sudah disiagakan.

Kasatlantas Polrestabes Surabaya, AKBP Made Agus Prasatya, mengatakan, ribuan buruh bergerak masuk ke Surabaya dari arah Waru, dan arah Karangpilang.

"Dari dua jalur masuk itu, akan disediakan pengawalan dari polisi," ungkapnya.

Para buruh selanjutnya menetapkan titik kumpul massa di Mastrip Karang Pilang, pintu tol Gunungsari, Rungkut, pintu tol Margomulyo, Bundaran Waru, Kenjeran, Suramadu, dan jalan Tanjungsari.

Sementara itu, untuk mengamankan aksi buruh pada May Day besok, Polrestabes Surabaya menyiagakan 3.600 personel dibantu 200 personil dari TNI AD untuk melakukan pengamanan. Mereka akan disebar di puluhan titik lokasi sasaran aksi seperti pusat industri, kantor pemerintahan, dan pusat keramaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com