Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pidato Jokowi Dahsyat dan Bangkitkan Semangat"

Kompas.com - 24/04/2015, 10:36 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Pidato Presiden Joko Widodo dalam pembukaan Peringatan Konferensi Asia-Afrika (KAA) ke-60 mendapat apresiasi mendalam dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pidato Jokowi dalam forum KAA itu dinilai menarik, dan mampu meningkatkan semangat solidaritas antarbangsa. “Pidato Pak Jokowi sangat menarik. Dulu, kalau KAA dihadiri 30 lebih negara merdeka, sekarang kita punya agenda membantu kemerdekaan Palestina. Itu dahsyat, pidato itu membangkitkan semangat,” kata Ganjar, Jumat (24/4/2015).

Ganjar memperkirakan, setelah pelaksanaan KAA solidaritas negara-negara di kawasan Asia dan Afrika akan muncul. Disitulah kemudian nanti berbagai kerjasama dalam bidang ekonomi bisa masuk. Semua yang berkaitan dengan hubungan relasi antarnegara harus didorong lebih lanjut.

Ganjar melanjutkan, pascapelaksanaan KAA ini, Presiden perlu mencari langkah jitu agar konferensi tidak berakhir di atas kertas saja. Ganjar memandang perlu agar Presiden mengusulkan semacam “Jokowi Inisiatif”.

“'Jokowi inisiatif' perlu untuk tidak perlu membawa bangsa Asia-Afrika ke sebuah blok baru kenegaraan. Tapi bagaimana solidarity makers bagi bangsa-bangsa itu bisa terwujud,” kata dia.

Politisi PDI Perjuangan itu juga mendukung Jokowi soal kritik atas peran PBB yang tidak mampu bersikap adil terhadap bangsa-bangsa di dunia. “Palestina butuh pengakuan. Ada human right di sana dan harus didorong. Tinggal nanti teknisnya harus dikawal agar semuanya berdiri sama tegak. Kalau itu tercapai, sungguh luar biasa,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com