Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadiah Rp 3 Juta untuk Petani yang Punya Durian Paling Besar

Kompas.com - 18/03/2015, 13:30 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis


MAGELANG, KOMPAS.com — Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, akan menyelenggarakan Lomba Gede-gedean Durian dalam Festival Durian Candimulyo 19-21 Maret 2015. Lomba ini bertujuan untuk mempromosikan buah durian lokal Magelang yang tidak kalah baik dengan daerah lain.

Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kabupaten Magelang, Tri Agung Sucahyono, menjelaskan, lomba itu ditujukan untuk para petani durian lokal se-Kabupaten Magelang. Peserta akan berkompetisi menunjukkan buah duriannya yang berukuran paling besar.

"Durian paling besar akan kami tetapkan sebagai pemenang. Hadiahnya Rp 3 juta untuk sang juara," kata Tri Agung, Rabu (18/3/2015).

Agung mengatakan, Lomba Gede-gedean Durian merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan dalam Festival Durian Candimulyo yang akan dipusatkan di lapangan Kecamatan Candimulyo pada 19-21 Maret 2015.

Selain itu, akan ada kegiatan lain, seperti kirab tiga gunungan buah durian dan buah eksotis, serta bazar aneka produk makanan hasil olahan buah durian.

Camat Candimulyo, Agung Nugroho, menambahkan bahwa "king of fruit" asal Candimulyo memiliki kelebihan dibanding dengan durian daerah lainnya, terlebih dengan durian impor. Durian Candimulyo, kata Agung, memiliki daging yang tebal, aroma yang sangat kuat, rasa lebih legit, tekstur, dan warnanya menarik.

"Kualitas durian dari petani lokal Candimulyo cukup baik dan tidak kalah enak dengan daerah lain. Oleh karena itu, ini perlu dipromosikan," katanya.

Agung menyebutkan, Kecamatan Candimulyo merupakan sentra penghasil buah durian di Kabupaten Magelang. Setidaknya ada lebih dari 12.000 batang pohon durian yang ditanam oleh warga, baik di lahan pertanian yang dikelola gabungan kelompok tani (gapoktan) maupun di halaman rumah warga.

Warga pun memiliki cara unik untuk mempromosikan buah durian lokal Candimulyo, seperti melalui lomba burung berkicau yang diikuti penggemar burung dari berbagai daerah, hingga Festival Durian Candimulyo yang rutin digelar setiap tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com