Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma: Paket Cokelat, Kondom, dan Bir Ditemukan di Surabaya

Kompas.com - 14/02/2015, 13:21 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengaku menemukan paket produk Hari Valentine berupa paket cokelat-kondom dan cokelat-kondom-minuman keras di sejumlah minimarket Surabaya. Produk-produk tersebut langsung disita oleh Satpol PP Surabaya.

Dalam razia gabungan melibatkan Satpol PP, Linmas, TNI dan Polri yang digelar serentak di seluruh wilayah Surabaya, Jumat (13/2/2015) malam, petugas menemukan paket produk di dua minimarket di Surabaya Barat berupa cokelat, kondom, dan bir. Sementara itu, temuan di Surabaya selatan berupa paket cokelat dan kondom.

"Minimarket di Surabaya Barat terpaksa kami tutup karena ternyata tidak mengantongi izin usaha," kata Risma, Sabtu (14/2/2015).

Risma mengaku akan terus melakukan razia di beberapa tempat, selain di minimarket penjual produk paket Valentine. Ini dilakukan untuk melindungi pelajar di Surabaya dari masuknya budaya Barat yang tidak jelas asal-usulnya.

"Pokoknya anak-anak aman dulu dari pengaruh budaya Barat ini," ujar dia.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Kota Surabaya melarang pelajar merayakan Hari Valentine, melalui Surat Edaran Nomor 421/1121/436.6.4/2015, tertanggal 12 Februari 2015.

Surat tersebut dikirim ke semua SMP, SMA, dan SMK. Pihak sekolah diperintahkan mengirim surat kepada semua wali murid agar melarang anaknya merayakan Hari Valentine.

Surat edaran tersebut diedarkan karena Dinas Pendidikan Kota Surabaya menilai, perayaan Hari Valentine bertentangan dengan norma sosial dan budaya Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com