Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Kenaikan Harga BBM, Mahasiswa Bakar Boneka Jokowi-JK

Kompas.com - 17/11/2014, 12:42 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis


JEMBER, KOMPAS.com 
— Ratusan mahasiswa menggelar unjuk rasa menolak rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jember, Jawa Timur, Senin (17/11/2014). Sebagai bentuk kekecewaan terhadap pemerintah, para mahasiswa membakar boneka yang dipasangi foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Ini adalah bentuk kekecewaan kami terhadap pemerintah. Belum berbuat apa-apa, Jokowi sudah mau menaikkan harga BBM," ungkap koordinator aksi, Leksono Kunto Wibisono.

Mahasiswa mendesak Jokowi untuk melakukan renegosiasi kontrak migas sesuai dengan amanah konstitusi.

"Pemerintah harus melakukan perbaikan tata kelola minyak, dan yang terpenting lagi, hentikan pencitraan dan kebohongan pemerintah soal pengalihan subsidi ke sektor lain," tuturnya.

Aksi unjuk rasa ratusan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi mahasiswa Jember itu sempat berlangsung ricuh. Mahasiswa yang memaksa masuk ke Gedung DPRD Jember ditahan aparat kepolisian sehingga aksi saling dorong tidak terhindarkan. Akibatnya, pagar pintu masuk Gedung DPRD Jember rusak.

"Biarkan kami masuk, Pak Polisi, ini rumah kami, kami ingin tahu sikap politik wakil rakyat kami," teriak Ferio, salah satu pengunjuk rasa.

Kunto menilai, keputusan pemerintah untuk menaikkan harga BBM akan memberatkan rakyat. Keputusan itu pasti akan berdampak terhadap naiknya harga kebutuhan bahan pokok.

"Dengan naiknya harga BBM, yang pasti warga miskin akan semakin banyak. Untuk itulah, kami akan tolak kenaikan harga BBM," katanya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com