Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemeja Kotak-kotak dan Kaus Jokowi Banyak Dijual di Area Rakernas PDI-P

Kompas.com - 19/09/2014, 18:11 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com — Penyelenggaraan Rakernas IV PDI Perjuangan di Marina Convention Center, Semarang, Jumat (19/9/2014), menjadi berkah tersendiri bagi sejumlah pedagang. Puluhan pedagang di luar pasar rakyat yang disediakan banyak yang ikut berjualan.

Sebagian besar para pedagang itu menjual aksesori dan baju yang berkaitan dengan DPI Perjuangan. Warna hitam, merah, dan putih sangat dominan pada aneka pernak-pernik itu. Baju kotak-kotak dan kaus bergambar Jokowi pun terlihat masih banyak dijajakan.

"Kan baju kotak-kotak itu sangat identik dengan Pak Jokowi, dan kebetulan ini ada Rakernas PDI-P, jadi ya ikut nyari rezeki di sini," ujar Adi (34), salah seorang pedagang.

Dia mengatakan, meski sudah tidak lagi tren, baju kotak-kotak itu masih cukup banyak diminati. Sementara itu, kaus bergambar Jokowi dengan berbagai desain itu memang banyak dipilih oleh para kader PDI-P maupun para simpatisan Jokowi.

Baju kotak-kotak berwarna merah memang menjadi tren sejak dijadikan seragam Joko Widodo saat mencalonkan diri menjadi gubernur DKI bersama wakilnya Basuki Tjahaja Purnama. Baju itu dianggap identik dengan Jokowi sehingga banyak pendukungnya yang juga memakai baju kotak-kotak.

Di Rakernas PDI-P juga diselenggarakan pasar rakyat yang diisi puluhan UMKM dari berbagai daerah. Sebagian besar UMKM itu merupakan binaan partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut. Stan-stan menjual aneka barang kerajinan seperti batik, tas, kerajinan tangan, kerajinan kayu, kerajinan perak, serta berbagai barang lainnya.

"Peserta rakernas ini kan dari seluruh Indonesia, jadi diharapkan pasar rakyat ini juga menjadi ajang untuk memperkenalkan kerajinan, terutama dari berbagai wilayah di Jawa Tengah, apalagi tempat rakernas ini cukup jauh dari pusat kota sehingga stan itu bisa menjadi pilihan bagi para tamu," ujar Ketua Seksi Bazar Rakernas IV PDI Perjuangan Maria Tri Mangesti.

Sedikitnya terdapat sekitar 1.600 kader PDI Perjuangan hadir pada acara tersebut. Rakernas dengan biaya Rp 2,6 miliar ini akan diselenggarakan hingga Minggu (21/9/2014) mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com