Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Truk Tertimbun Longsor, Satu Sopir Tewas

Kompas.com - 25/08/2014, 13:41 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Enam truk penambang pasir di bantaran Kali Pabelan, Dusun Wonogiri Kidul, Desa Kapuhan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, tertimbun longsor, Senin (25/8/2014) pagi. Seorang sopir ditemukan meninggal akibat kejadian naas itu.

Korban adalah Sugiono (45) warga Desa Bergas, Karangjati, Ungaran, Kabupaten Semaean. Berdasarkan informasi yang dihimpun di lokasi, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 07.00 WIB. Saat itu, ke enam truk beserta sejumlah truk lainnya sedang parkir mengantre untuk mengisi pasir hasil tambang di kali yang berhulu di Gunung Merapi itu.

Namun tiba-tiba tanah dan bebatuan tebing setinggi kira-kira 70 meter longsor dan menimpa enam truk itu. Seluruh badan truk rusak. "Ada suara bergemuruh keras sekali, tiba-tiba bruk tanah longsor. Saya langsung lari menyelamatkan diri," kata Kasdi, salah satu saksi.

Kasdi mengatakan, rekan yang meninggal adalah sopir truk bernomor polisi H 1905 FV. Jasad Sugiono ditemukan oleh di antara timbunan tanah dan batu sekitar pukul 10.25 WIB. Jasad  tersebut langsung dilarikan ke RSUD Muntilan menggunakan ambulan.

Dua alat berat, masih terus melakukan evakuasi dan membuka timbunan tanah. "Awalnya kami kesulitan saat hendak mengevakusi korban dengan cara manual, tapi beruntung ada alat berat penambang yang membantu," tutur Anto Nilon, salah seorang relawan.

Menurut Anto, jasad Sugiono ditemukan di kedalaman sekitar dua meter. Letak jasad dekat dengan truknya. Diduga saat itu korban hendak lari menyelamatkan diri. Pantauan Kompas.com, hingga kini sejumlah relawan, SAR, polisi dan TNI, masih berada di lokasi kejadian untuk mengevakuasi truk yang masih tertimbun tanah longsor. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com