Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Penumpang Bermuatan 189 Orang Tenggelam di Perairan Buton

Kompas.com - 05/08/2014, 16:33 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com — Sebuah kapal penumpang KM Uki Raya 01 yang bertolak dari Pelabuhan Murhum Baubau menuju Wakatobi, Sulawesi Tenggara, mengalami kecelakaan di sekitar Perairan Buton, Selasa (5/8/2014) dini hari.

Dalam insiden tersebut, dua orang dilaporkan meninggal dan satu orang kritis, serta satu orang lagi masih menjalani perawatan medis di RS Pemerintah Kabupaten Buton di Pasar Wajo.

Berdasarkan manifes, tercatat ada 189 penumpang dan tujuh anak buah kapal selamat dalam kecelakaan laut itu. Dua orang penumpang yang ditemukan tewas dalam kejadian itu yakni Wahyuni (30) dan seorang bocah, Halifa (3), warga Kecamatan Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi.

Menurut Kepala Kantor SAR Kendari Jafar Henaulu, saat kejadian ombak di Perairan Buton sangat kencang sehingga kapal mengalami kerusakan mesin dan air masuk ke dalam kapal. “Kejadian sekitar pukul 02.00 Wita dini hari tadi, terjadi badai di sekitar Pulau Wabula, Kabupaten Buton. Sehingga kapalnya karam di Pulau Wabula tersebut,” kata Jafar.

“KM Uki Raya 01 bertolak dari Pelabuhan Murhum Baubau pada pukul 22.00 Wita dan lokasi kecelakaan berada di tengah-tengah, antara Baubau dengan Wakatobi,” kata dia.

Tim SAR, kata Jafar, telah mengevakuasi penumpang dan ABK yang selamat dengan menggunakan dua rescue boat dibantu kapal negara milik KPLP Baubau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com