Selama Arus Mudik Lebaran, Ada 2 Gerbong KA Khusus bagi Pemudik Difabel

Kompas.com - 19/07/2014, 06:42 WIB
Ilustrasi kereta api TRIBUNNEWS/DANY PERMANAIlustrasi kereta api
|
EditorPalupi Annisa Auliani
SEMARANG, KOMPAS.com — PT Kereta Api Indonesia Derah Operasi IV Semarang menyiapkan dua gerbong Kereta Api Menoreh Lebaran khusus bagi penyandang disabilitas. Dua gerbong itu masuk dalam 10 gerbong KA Menoreh yang telah diluncurkan pada Jumat (18/7/2014).

“Ada dua gerbong yang kami siapkan khusus bagi kaum difabel. Satu gerbong isinya 64 tempat duduk. Sementara gerbong biasa isinya 80 tempat duduk,” ujar Kepala PT KAI Daop IV Semarang, Wawan Ariyanto, Jumat. Menurut dia, penyediaan dua gerbong khusus ini merupakan respons atas kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

Wawan mengatakan, penyediaan fasilitas khusus semacam ini penting dilakukan agar para kaum difabel juga bisa terlayani dengan baik ketika menumpang kereta api. “Di dua gerbong itu, kamar mandi khusus kaum difabel disediakan cukup luas, berbeda dengan kamar mandi lainnya. Gerbongnya sama, tetap AC ekonomi biasa,” kata dia.

KA Menoreh Lebaran diluncurkan untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik dan balik Lebaran 2014. Tambahan kereta adalah KA Menoreh 2 untuk jurusan Semarang Tawang – Jakarta Pasar Senen, dengan kapasitas penumpang antara 780 sampai 800 penumpang sekali jalan.

Tarif KA ini bervariasi, antara Rp 150.000 hingga Rp 250.000. Meski baru diluncurkan pada Jumat, tiket dari stasiun pemberangkatan Jakarta sudah habis dipesan, tetapi tiket dari stasiun pemberangkatan Semarang masih banyak tersedia.

Sebaliknya, tiket untuk perjalanan arus balik Lebaran dari Semarang sudah habis dipesan. “Itu karena penjualan kami sudah sejak tiga bulan sebelumnya,” kata Wawan.

Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X