Biaya Renovasi Alun-alun Kota Bandung Capai Rp 10 Miliar, Semuanya Donasi

Kompas.com - 29/04/2014, 12:37 WIB
Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil KOMPAS.com/PUTRA PRIMA PERDANAWali Kota Bandung, Ridwan Kamil
|
EditorCaroline Damanik

BANDUNG, KOMPAS.com —
Alun-alun Kota Bandung akan direnovasi mulai bulan depan. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, biaya renovasi mencapai Rp 10 miliar.

Dana tersebut, lanjutnya, berasal dari konsorsium pengusaha properti yang selama ini meraih keuntungan dari Kota Bandung. Pria yang akrab disapa Emil ini memastikan renovasi pusat kota itu tidak menggunakan dana APBD.

"Ini bantuan dari pihak ketiga. Kepada mereka yang membangun di Kota Bandung, mereka kaya dari Bandung, silakan mau sumbang apa untuk Kota Bandung? Akhirnya mereka nyumbang taman," tuturnya, Selasa (29/4/2014).

Emil berjanji renovasi akan rampung pada bulan September 2014. Dia berharap, Alun-alun Kota Bandung yang baru bisa diresmikan tepat pada hari jadi Kota Bandung yang diperingati setiap tanggal 25 September. Paling lambat pada akhir tahun alun-alun sudah bisa dibuka untuk umum.

Dia berharap pula, setelah Alun-alun kota Bandung direnovasi dan ditunjang dengan fasilitas-fasilitas umum yang baik, pandangan kurang baik terhadap pusat kota itu bisa hilang.

"Sekarang mana ada anak muda Bandung yang mau nongkrong di alun-alun. Kebetulan saya punya mimpi alun-alun itu harus jadi ruang publik nomor satu lagi," ujarnya.

Meskipun renovasi tersebut merupakan sumbangan dari pihak ketiga, Emil menjamin taman di alun-alun tidak akan kotor dengan iklan-iklan dari para penyandang dana, kecuali tulisan mengenai siapa yang memberikan donasi.

Tepat di depan Alun-alun Kota Bandung, terdapat satu gedung besar, eks pusat perbelanjaan ternama di Kota Bandung, Palaguna Plaza. Gedung tersebut saat ini terbengkalai dan sudah tidak terpakai.

Menanggapi nasib gedung tersebut, Emil mengaku lahan tersebut rencananya akan dibuat rumah sakit atau perpustakaan.

"Dari proposal masih dikaji, tapi arahnya ada rumah sakit dan perpustakaan. Tergantung desainnya nanti, kalau perlu dirobohkan kalau butuh bangunan baru dan tidak butuh struktur lama. Itu tempat nostalgia saya sebenarnya," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Alun-alun Kota Bandung akan direnovasi mulai bulan Mei mendatang. Oleh karena itu, Alun-alun Kota Bandung akan ditutup sementara.

Alun-alun Kota Bandung yang baru berkonsep taman aktif dan taman pasif. Tidak hanya taman, trotoar di jalan raya yang mengitari alun-alun seperti Jalan Asia Afrika dan Jalan Dalem Kaum ikut pula dibenahi dengan diberikan fasilitas kursi serta akses WiFi gratis.

Pengguna bus kota pun bakal ikut kebagian manfaat renovasi Alun-alun. Pasalnya, Emil berjanji untuk mengubah halte bus yang ada saat ini dan dirasa kurang layak menjadi ruang tunggu bus yang nyaman dengan bentuk memanjang.

"Konsepnya ada ruang aktif berupa taman kosong untuk kita berkegiatan dan ada ruang yang pasif, ada pohon-pohon di zona Asia Afrika orang bisa duduk pakai WiFi sambil nunggu bus yang lewat. Halte juga kita beresin dengan desain baru," tuturnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X